Kunker ke Samarinda, Pemkab Tanbu kunjungi Diskominfo

Rombongan Diskominfo Tanbu saat berada di ruangan Kadiskominfo Samarinda dalam acara kunker.(ist)(kalselpos.com)

Batulicin,kalselpos.com – Kunjungan Kerja (Kunker) Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) ke Samarinda berkesempatan mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat, Selasa 28 September 2021.

“Rombongan disambut Kadis Kominfo Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah,” kata Kadiskominfo Tanbu Ardiansyah kepada kalselpos.com Kamis (30/9) di Batulicin.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan itu ujar Ardiansyah Diskominfo Samarinda mengenalkan tentang sistem Command Center yang mendukung program pelayanan informasi kepada masyarakat melalui titik pantau yang ada dalam layar.

“Layar-layar dan komputer yang ada di command center terhubung dengan sejumlah CCTV di kawasan Kota Samarinda, masyarakat bisa mengetahui kepadatan arus lalu lintas,” terang Ardiansyah.

Melalui penayangan rekamannya, dapat diketahui sejumlah data, dari mulai penduduk sampai kendaraan.

Kemudian dari video analitic, CCTV yang sudah dilengkapi untuk menghitung atau meng-counting jumlah massa, sehingga bisa tahu titik-titik mana saja yang padat penduduk, termasuk kerumunan masyarakat yang ada di Kota Samarinda.

Dalam kesempatan itu Aplikasi yang dikenakan lagi yakni, sistem Aplikasi BAPADAH sebagai portal pengaduan masyarakat, kemudian Smart RT yang terintegrasi mulai dari Kelurahan, Kecamatan, terutama mendukung pelayanan berkaitan dengan program catatan sipil.

Kemudian, Diskominfo Samarinda turut memperkenalkan nomor tunggal 112 untuk pelayanan kedaruratan ungkapa Ardiansyah.

Disitu Aji Syarif Hidayatullah menjelaskan bahwa 112 bisa digunakan untuk kejadian kebakaran dan bencana lainnya. Namun informasi terintegrasi dengan pihak penanganan bencana itu.

“Misalnya, begitu ada bencana semua bisa terkoneksi dengan rumah sakit, Polresta dan Barisan Pemadam,” terang Ardiansyah.

Kemudian ada sistem informasi yang terintegrasi guna mempermudah proses penyusunan laporan keuangan.

“Yang mendukung OPD lainnya, yakni berkaitan dengan proyek PUPR, tentu informasi bisa dilihat mengenai proyek yang sudah selesai,” tutup Kadiskominfo Tanbu.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait