Pemkab Tapin Peringati Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024

Teks foto Pj Bupati Tapin pimpin upacara dalam memperingati hari otonomi daerah tahun 2024 tingkat Kabupaten Tapin.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com– Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun 2024. Bertempat di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tapin. Kamis, (25/4/2024) Pagi.

Upacara diikuti Penjabat Eselon II, III dan IV dan menjadi peserta upacara seluruh karyawan dan staf ASN dan PTT Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin.

Bacaan Lainnya

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin MPd.

Peringatan hari otonomi daerah mengusung  tema otonomi daerah berkelanjutan menuju ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat “.

Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dalam amanatnya menyampaikan mengajak marilah kita kita benar-benar melakukan kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah otonomi daerah.

“Otonomi daerah  merupakan hak wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat, dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia, “ujarnya

Sementara  filosofi otonomi daerah dilandaskan pada prinsip – prinsip dasar yang tertuang dalam pasal 18 UUD 1945 disebutkan pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu, dibagi atas kabupaten dan kota.

Kemudian kedua, tiap -tiap kabupaten dan kota mempunyai pemerintah daerah, yang diatur dengan undang undang dan Ketiga, mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.

“Berangkat dari prinsip dasar inilah otonomi daerah di desain untuk mewujudkan percepatan kesejahteraan dengan menumbuhkan kemandirian daerah, melalui optimalisasi pengelolaan potensi daerah pemberdayaan masyarakat, perbaikan tata kelola pemerintah, dan peningkatan daya saing daerah, “katanya.

Melalui peringatan hari otonomi daerah yang kita laksanakan pada hari ini, agar dapat dijadikan sebagai momentum oleh segenap pemerintah, masyarakat, dan stakeholder lainya, untuk secara bersama-sama memupuk semangat kerja, motivasi, dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat, guna meningkatkan penyelenggaraan otonomi daerah yang berkualitas.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait