BNNK HSU sosialisasikan Rehabilitasi Pengguna Narkoba

AMUNTAI, Kalselpos.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten HSU gelar kegiatan Sosialisasi Program Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi. 

Mengambil tempat di Aula Hotel Balqis, kegiatan diihadiri perwakilan SKPD,  camat,  polisi dan TNI. 

Bacaan Lainnya

Menurut  Kepala BNNK HSU,  Drs. H. Khatria Wardoni  menyampaikan bahwa sosialisasi dilakukan oleh  bidang mutu dan sistem layanan penanganan korban penyalahgunaan narkoba.

“Karena penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan bahan adiktif serta prekursor narkotika (Narkoba) adalah masalah kompleks dan mendunia yang perlu ditangani bersama, “kata Wardoni. 

Berdasarkan  data Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan setiap hari ditemukan 30-50 orang meninggal dunia karena kasus penyalahgunaan narkoba,  Rehabilitasi adalah program penyelamatan anak bangsa yang merupakan amanat Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009.

Wardoni menambahkan,  BNN wajib melaksanakan rehabilitasi penyalahguna dan korban penyalahgunaan narkoba disamping melakukan pencegahan dan penegakan hukum atau aksi represif di bidang pemberantasan.

Ia berharap agar peserta sosialisasi turut meyebarluaskan informasi dan wawasan kepada masyarakat tentang program rehabilitasi dan pascarehabilitasi. 

“Diantara warga mungkin ada yang bingung atau takut (melaporkan diri).

Kita sosialisasikan biar sadar dan melaporkan diri ke puskesmas, rumah sakit, klinik, dan lembaga lain yang telah ditunjuk pemerintah melaksanakan fungsi rehabilitasi,” tandasnya. 

Sementara itu, Dr. Hj. Sandra Murty dalam materinya menyampaikan kejahatan narkoba sebagai mesin pembunuh masal (silent killer) diperkirakan 40 orang meninggal perhari karena narkoba.

“Untuk meminilasir terjadinya lost generaton perlu adanya lembaga rehabilitasi dan pascarehabilitasi karena para pecandu, penyalahguna dan korban penyalahgunaan merupakan orang sakit yang butuh perhatian dan bimbingan  bersama,” jelasnya. 

Ia melanjutkan, mereka dapat di pulihkan baik secara pisik dan psikis dengan rehabilitasi medis, rehabilitasi sosial dan pascarehabilitasi yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan layanan yang terintegritas.

Penulis: Adiyat
Editor : A. Syaufi
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=5]

Pos terkait