156 Peserta seleksi penerimaan Polri ikuti Rikmin awal di Polres Kotabaru

Teks : Pemeriksaan administrasi (Rikmin) awal seleksi penerimaan Polri Tahun 2024, bertempat di Aula Sanika Satyawada Polres Kotabaru, Selasa (23/04/2024).(kalselpos.com)

Kotabaru, kalselpos.com – Polres Kotabaru melalui Bagian Sumber Daya Manusia (Bag SDM) Polres setempat melaksanakan pemeriksaan administrasi (Rikmin) awal seleksi penerimaan Polri Tahun 2024 yang bertempat di Aula Sanika Satyawada Polres Kotabaru, Selasa (23/04/2024).

 

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu Kapolres Kotabaru AKBP Dr. Tri Suhartanto, SH.MH.M.Si melalui Kabag SDM AKP Machmoud Terryadi mengungkapkan, bahwa pemeriksaan Rikmin awal di tingkat Panitia Pembantu Penerimaan (Panbanrim) Polres Kotabaru digelar mulai hari ini Selasa (23/4/24) hingga Kamis (25/4/24) mendatang.

 

“Peserta yang mengikuti Rikmin awal ini, sebelumnya telah mendaftar melalui aplikasi Penerimaan Polri https://Penerimaan.polri.go.id,” ucap Bang Terry sebutan akrabnya Kabag SDM Polres Kotabaru ini.

 

Ia pun juga mengungkapkan, Rikmin awal pada Panbanrim Polres Kotabaru meliputi pengukuran berat badan dan tinggi badan, pemeriksaan data diri dari Disdukcapil, pemeriksaan ijazah dari Dinas Pendidikan, pemeriksaan umur, pemeriksaan kelengkapan berkas dan pemeriksaan mental kepribadian (PMK).

 

Pemeriksaan transparan dan akuntabel, pemeriksaan Rikmin awal ini diawasi ketat oleh panitia internal dan melibatkan pihak eksternal, yaitu dari Disdukcapil yang melakukan pemeriksaan keabsahan KTP peserta, orang tua, Kartu Keluarga (KK), dan domisili peserta. Dinas pendidikan melakukan pemeriksaan keabsahan ijazah.

 

“Bantuan dari pihak terkait ini membantu pengecekan berkas, terutama untuk memeriksa jika ada kekeliruan nama atau tulisan. Peserta yang bersangkutan dapat menggunakan surat keterangan dari Dinas terkait,” terangnya pula.

 

Animo pendaftar melalui aplikasi Penerimaan Polri pada Panbanrim Polres Kotabaru sampai hari ini terdatakan sebanyak 156 orang dengan rincian 137 orang untuk Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) yang terdiri dari 120 Polri dan 17 Polwan, 9 orang Bintara Rekpro dan 10 Tamtama Polri.

 

Terry juga menegaskan bahwa, penerimaan Polri tahun ini dilakukan dengan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis). Bagi yang berminat untuk mendaftar Polri, kesempatan masih dibuka hingga 25 April 2024.

 

“Kami tidak mentolerir adanya pungli dalam proses penerimaan ini. Harapan kami, semua casis yang telah terdaftar dapat lolos menjadi anggota Polri,” tandasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait