Pemkab HSU Sudah Sepenuhnya Bayar Insentif Nakes dan Vaksinator

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU Danu F Fotohena. (adiyat)(kalselpos.com)

Amuntai,kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sepenuhnya telah membayarkan insentif untuk para Tenaga Kesehatan (Nakes) dan juga Vaksinator.

Penyaluran ini dibayarkan melalui, Dinas Kesehatan Kabupaten HSU yang sudah mencairkan pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) pada 2021 total sebesar Rp 4,1 miliar atau 75,% dari pagu anggaran yang disediakan sebesar Rp 5,1 miliar, Sabtu (13/11).

Bacaan Lainnya

“Pembayaran Insentif Nakes sebesar Rp 2,7 miliar untuk pada Agustus kemarin, disusul tambahan pembayaran pada Oktober sebesar Rp 1,4 miliar, langsung dibayarkan secara non tunai ke rekening nakes,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten HSU Danu F Fotohena.

Ada dua jenis pembayaran insentif nakes yakni pembayar yang terkait kegiatan testing dan tracing serta pembayaran insentif kegiatan vaksinasi di lapangan.

Ia menginformasikan untuk pembayaran insentif nakes yang melakukan vaksinasi (insentif vaksinator) sudah dibayarkan sebesar Rp 1 miliar lebih atau sekitar 17 % dari pagu anggaran yang disediakan sebesar Rp 6,4 miliar.

“Mengapa pembayaran Insentif Vaksinator agak sedikit melambat? karena petugas nakes terlalu sibuk melaksanakan kegiatan Vaksinasi di lapangan sehingga melupakan kewajibannya untuk melakukan klaim terkait honor Vaksinator,” terang Danu.

Diakui cukup banyak anggaran tidak terserap, karena semakin berkurangnya kasus Covid-19 di Kabupaten HSU bahkan bisa dikatakan nol kasus.

Adapun jumlah nakes yang menerima insentif dan besaran insentif yang diterima bervariasi sesuai jumlah kasus pasien COVID-19 yang ditangani di wilayah kerja masing masing nakes.

Pos terkait