Bupati Fikry Presentasi dihadapan Menkes RI

KANDANGAN, Kalselpos.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, mempresentasikan pengelolaan bidang kesehatan tentang‎ Imunisasi, TB Paru dan penyakit tidak menular (PTM), dihadapan Memteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonsesia (RI), Prof Dr Nila F Moeloek, di rapat kerja kesehatan daerah (rakerkesda), Selasa (5/3), di hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Provinisi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bacaan Lainnya

Dalam presentasi ‎tersebut, Bupati Fikry, memamaparkan apa yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, dan kendala apa apa saja yang dihadapi, dengan harapan mendapatkan perhatian dari Menkes Nila F Moeloek.‎

Diungkapkan Fikry, masalah imunisasi tentang vaksin halal  sedianya selesainya ditingkat pusat, maka di daerah tinggal melaksanakan. Namun, HSS untuk vaksin Measles dan Rubela (MR) di Kabupaten HSS didukung Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS. “Melalui dukungan Ketua MUI HSS, KH Riduan Baseri inumisasi MR meningkat tajam dari 33 persen menjadi 80 persen,” ungkap Fikry.

Sementara untuk pencegahan percepatan PTM adalah menyangkut perilaku, dan sebenarnya secara khusus pemerintah mempersiapkan fasilitasi, yang memungkinkan untuk mereka bisa berolahraga, tempat berekreasi dan lain sebagainya.

Selain itu, Pemkab HSS juga telah menggelar makan sayur dan buah sebagai salah satu gerakan masyarakat hidup sehat, dan dengan adanya rakerkesda agar mendapat catatan untuk apa yang nanti akan dilakukan daerah.‎ “Kami akan terus membangun kesehatan di HSS dengan berkomitmen tinggi untuk mendukung kesehatan di HSS,” ujarnya.

‎Rakerkesda yang digelar selama empat hari dari 4-7 Maret 2019, yang mengambil tema “Kolaborasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah bergerak untuk mewujudkan Kalimantan Selatan sehat‎” dilaksanakan penandatangananan komitmen kepala daerah bupati dan wali kota se-Kalsel, dalam upaya kolaborasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah untuk mewujudkan Kalsel sehat.

Turut dihadiri dalam acara tersebut, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim, para bupati dan walikota se Kalsel, para penjabat lingkup Pemprov Kalsel, para ketua organisasi wanita Pemprov Kalsel dan undangan rakerkesda lainnya.‎

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait