Peresmian Jembatan HKSN tunggu Pematangan Beton

Sejumlah sepeda motor melintas di atas jembatan HKSN .yang baru.Muhammad Fudail(kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Kendati belum diresmikan oleh pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, sebagian warga terutama pengendara roda dua, sudah mulai menggunakan atau melintasi Jembatan HKSN baru.

Terpantau pada Rabu (06/04/22) sore, sejumlah pengendara roda dua bebas memasuki Jembatan HKSN dari arah Kuin Selatan ke jalan Kuin Cerucuk atau arah Pertamina.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, warga juga memanfaatkan lokasi itu untuk ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa sambil bersantai di atas jembatan.

Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor berharap, peresmian jembatan HKSN tersebut bisa segera terlaksana agar seluruh lapisan masyarakat bisa merasakan fungsinya.

“Inginnya sebelum lebaran ini sudah bisa diresmikan, biar bisa dilewati seluruh masyarakat,” ujar Arifin Noor, Kamis (07/04/22) kepada wartawan.

Kendati jelasnya, sejak selesai dikerjakan pada 23 Maret 2022 lalu. Konstruksi sebuah jembatan, memang memerlukan waktu yang tak singkat untuk pematangan.

“Setelah selesai dikerjakan, perlu menunggu usia kematangan beton dulu sesuai dengan standar konstruksi pembangunan. Yakni 28 hari,” ungkapnya.

Setelah proses pematangan beton selesai, jembatan tersebut juga tak bisa langsung dilalui oleh pengguna jalan sebagai fasilitas penyeberangan.

“Harus ada uji coba sebelum dibuka secara resmi, mulai dari pejalan kaki, kendaraan ringan seperti sepeda motor, mobil kecil sampai truk yang dilakukan secara bertahap,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait