Babinsa Babirik Dampingi Penyuluhan dan Praktek Pemupukan untuk Padi Terapung 

Teks foto:  Babinsa Serda Henry Setiawan dari Koramil Babirik melakukan bantu petani melakukan pemupukan ke padi terapung di Desa Kalumpang.(ist)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Kelompok tani Desa Kalumpang, Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tengah melakukan praktek pemupukan untuk padi terapung.

 

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dibantu oleh penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten HSU dan didampingi Babinsa dari Koramil Kecamatan Babirik, Kamis (02/5).

 

Babinsa Koramil Babirik, Serda Henry Setiawan mengatakan, penyuluhan pertanian dilakukan petugas dari penyuluh pertanian setempat ke kelompok tani.

 

Ia menjelaskan, Babinsa hadir di masyarakat untuk melakukan pendampingan sebagai tugas pokok dan upsus pajale.

 

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa adalah wujud dari terlaksananya kegiatan Hanpangan Nasional yang telah diprogramkan oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan pendampingan secara terpadu kepada para petani di desa binaan masing-masing.

 

“Peran Babinsa ini sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya,” terang Serda Henry.

 

Akuinya, pihak TNI dalam hal ini, melakukan pendampingan sejak mulai pengecekan bibit yang akan ditanam sampai panen. Menurutnya, apabila terjadi kendala atau hama yang menyerang maka sedini mungkin bisa diatasi sehingga pertumbuhan padi tidak terhambat yang berdampak pada hasil panen.

 

“Di kesempatan tersebut, juga hadir Amrul Huda, selaku penyuluh dari Kabupaten HSU yang memberikan penjelasan dan praktek untuk memupuk padi terapung,” tambahnya.

 

Peran serta Babinsa seyogyanya mengawal sampai tiba musim panen, sehingga program pemerintah terkait swasembada pangan akan tercapai, meski sampai saat ini target tersebut belum seratus persen selesai.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait