Kemunculan seekor Buaya gegerkan Warga Pelambuan, BPBD imbau waspada 

Teks foto : Tangkapan layar menampilkan kemunculan seekor Buaya di sungai kawasan Gang Safari, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sebuah video yang menampilkan kemunculan seekor Buaya di sungai kawasan Gang Safari, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, menggegerkan warga setempat.

 

Bacaan Lainnya

Munculnya hewan reptil besar itu sempat viral di sosial media beberapa waktu lalu.

 

Jajaran BPBD Kota Banjarmasin pun diketahui telah menerima laporan adanya kemunculan buaya di Kota Seribu Sungai itu.

 

“Memang sejak kemarin ada laporannya warga melihat buaya, dan tadi pagi pun kita langsung lakukan assesment,” ujar Anggota BPBD Banjarmasin, Andy Putera, Jumat (03/05/2024) kemarin.

 

Dirinya pun membenarkan jika di sungai kawasan itu, ada kemunculan buaya. Pasalnya saat melakukan pemantauan dirinya mengaku melihat langsung dengan mata kepalanya sendiri kemunculan buaya itu.

 

“Padahal saat itu warga di seberang gang Safari itu, tidak percaya. Tapi saat assesmen, rupanya buaya itu muncul. Makanya tadi saya panggil warga untuk diberikan himbauan,” ungkapnya.

 

Namun, dari informasi warga, keberadaan buaya itu berasal dari peliharaan warga sekitar yang terlepas.

 

“Dari orang tua pelapor pun mengakui jika dahulu memang ada orang yang memelihara buaya, dan terlepas. Makanya buaya itu di sekitar itu saja,” tuturnya.

 

Andy memperkirakan jika ukuran buaya tersebut sekitar 1,5 meter. Agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya pun langsung mengimbau warga agar tidak beraktivitas dipinggiran sungai.

 

“Untuk beraktivitas di sungai hati-hati, apalagi anak-anak jangan dibiarkan lagi di sungai, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan,” tuturnya.

 

“Kita sudah sampaikan juga ke Babinsa Bhabinkamtibmas untuk melakukan himbauan kepada warga,” sambungnya.

 

Adapun untuk tindakan evakuasi, pihaknya mengaku bakal menyusun rencana dan berkoordinasi dengan BKSDA Kalimantan Selatan (Kalsel).

 

Terkait rencana untuk memasang papan atau spanduk himbauan, ia menyebut merupakan ranah BKSDA Kalsel.

 

“Itu bukan ranah kita, tapi ranah BKSDA untuk memasang plang,” tandasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait