Pj Bupati Tapin teken Komitmen Bersama Lintas Sektor Percepatan Penurunan Stunting

Teks foto Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin menandatangani komitmen bersama percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tapin.(ist)

Rantau, kalselpos.com – Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dan semua pihak lakukan penandatanganan komitmen bersama percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tapin. Yang mana nantinya setelah penandatanganan ini semua pihak akan terlibat dalam penanganan stunting di Tapin.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengatakan berdasarkan laporan studi status gizi indonesia (ssgi) tahun 2022, angka prevalensi balita stunting di kabupaten tapin sebesar 14,5% atau nomor satu terendah se kalimantan selatan. pada tahun 2023 berdasarkan hasil survei kesehatan indonesia (ski) prevalensi balita stunting kabupaten tapin turun 0,1% dari tahun 2022 menjadi sebesar 14,4%.

Bacaan Lainnya

“angka ini masih menjadi tanggungjawab kita bersama dalam melakukan upaya percepatan penurunan stunting agar bisa turun sesuai dengan target pemerintah dalam RPJMN2020 – 2024 menjadi 14%,” jelasnya.

rembuk stunting merupakan langkah penting yang dilakukan pemerintah kabupaten tapin untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan dalam rangka intervensi pencegahan dan penurunan kasus stunting di kabupaten tapin
oleh karena itu, melalui momentum rembuk stunting ini, kami sangat berharap komitmen kita semua, terkhusus kepada para peserta yang hadir, agar hasil dari rembuk stunting ini tersusun rencana intervensi pencegahan stunting baik itu dari hulu dan hilir nya, yang nanti nya dimuat di dalam RKPD atau renja skpd tahun berikutnya.

“pada tahun 2024 ini kita telah menetapkan semua desa dan kelurahan di kabupaten tapin sebagai desa lokus stunting tahun, yaitu 135 desa/kelurahan,” Ungkapnya.

Perwakilan PT Bhumi Rantau Energi, Eko Rusdiono mengatakan sejauh ini PT Bhumi Rantau Energi telah melakukan penanganan kasus stunting di Kabupaten Tapin, bahkan ada beberapa desa yang kita lakukan penanganan secara penuh.

“Sejauh hasil penanganan kasus stunting yang dilakukan perusahaan berjalan dengan baik,” katanya.

Selanjutnya penandatangan komitmen bersama percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tapin mulai dari Pj Bupati Tapin, Pj Ketua PKK Tapin, Sekda Tapin, Kepala SOPD, Instansi Lintas Sektor dan perwakilan perusahaan.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait