Pipa PDAM Bandarmasih bocor lagi, Warga terpaksa Mandi Air Hujan

Para pekerja melakukan perbaikan pipa PDAM Bandarmasih yang mengalami kebocoran.(Istimewa)Muhammad Fudail (kalselpos.com)

BANJARMASIN,kalselpos.com – Sudah sekian kalinya, Perusahaan lenyedia air bersih PDAM Bandarmasih mengalami kebocoran pipa.

Pada Senin (21/03/22) kemarin, kebocoran pipa terjadi lagi di jalan Pramuka, Kecamatan Banjarmasin Timur. Akibatnya, tiga kecamatan yang menjadi wilayah distribusi air bersih jadi terganggu dan mati total.

Bacaan Lainnya

Seorang warga Jalan Sungai Mia Dalam, Komplek AKT Permai, Kelurahan Antasan kecil Timur, Kecamatan Banjarmasin Utara, Levie mengeluhkan, kondisi air macet yang tidak mengucur deras pada kran di rumahnya.

“Karena air PDAM mati sejak kemarin, kami terpaksa harus mandi menggunakan air hujan. Termasuk cuci piring dan lainnya,” ungkap Livie, kepada wartawan, Selasa (22/3/22).

Dirinya berharap, pihak PDAM Bandarmasih segera menangani masalah itu dan bisa menyalurkan air bersih ke warga.

Sementara itu, Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, Ir H Supian menyampaikan permohonan maaf atas kebocoran pipa tersebut dan sampai saat ini masih dalam perbaikan.

“Kebocoran pipa transfer HDPE diameter 500 milimeter (Emergency), masih dalam proses perbaikan hingga pagi ini,” ungkapnya.

Untuk perbaikan jelasnya, sejak Senin malam dilakukan pergantian pipa baru sepanjang sembilan meter lebih. Namun proses tersebut terhambat akibat intensitas hujan yang deras Senin tengah malam.

“Awalnya kami rencanakan pemasangan pipa baru akan selesai pada pagi ini pukul 05.00 WITA, namun melihat kondisi lubang galian yang digenangi air, kami tunda sebentar hingga memungkinkan untuk dilanjutkan kembali,” bebernya.

Pemasangan pipa baru sambungnya, memang memakan waktu lebih lama dibandingkan penanganan kebocoran biasa.

“Biasanya cukup dengan cara klam saja. Kali ini harus menggali lubang sepanjang 12 meter,” terangnya.

Beberapa wilayah yang akan terdampak sebutnya, di Banjarmasin Selatan seperti Tembikar Kanan, Jalan Gerilya, Basirih, Mantuil, Gunung Meranti, Tatah Bangkal, Kuin Kacil.

Banjarmasin Barat diantaranya, jalan Tri Sakti, Banyiur, Teluk Tiram, Sutoyo S.

Banjarmasin Utara yakni daerah jalan Kayu Tangi, S.Parman, Sultan Adam, Sungai Jingah, Sungai Andai, Sungai Lulut atau sepanjang Jl Martapura Lama.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait