Bupati Kotabaru buka secara resmi Musca Gerakan Pramuka

Bupati H Sayed Jafar Alaydrus SH memberikan sambutan di Muscab Gerakan Pramuka. Muliana (kalselpos.com)

Kotabaru, kalselpos.com – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus SH membuka secara langsung Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kabupaten yang bertempat di Gedung Paris Barantai, Selasa (22/3/2022).

 

Bacaan Lainnya

Selain Bupati acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kotabaru, perwakilan dari Forkopimda, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kotabaru, Ketua TP-PKK Kabupaten, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat, para camat se-Kabupaten Kotabaru dan anggota Musca.

Bupati H Sayed Jafar dalam sambutannya mengatakan, gerakan Pramuka merupakan mitra atau perpanjangan tangan pemerintah yang berperan membangun dan membina watak, mental serta karakter generasi muda yang memiliki peran dalam mensukseskan pembangunan.

Oleh sebab itu sangat diperlukan adanya pengelolaan organisasi yang baik serta saling sinergi untuk bersama-sama mewujudkan keinginan luhur gerakan Pramuka.

“Saya menyambut baik dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kotabaru tahun 2022 ini,” ujar Bupati H Sayed Jafar.

Esensi Muscab ini sebagaimana diketahui bersama adalah wadah untuk menentukan arah kebijakan organisasi gerakan pramuka melalui program kerja sekaligus wadah konstitusional untuk memilih kepengurusan yang baru di Kwartir Cabang Kotabaru.

“Besar harapan kami agar musyawarah cabang ini dapat menyusun program kerja yang baik dan menjawab kebutuhan segenap anggota gerakan pramuka Kotabaru sekaligus juga memilih dan menyusun kepengurusan yang baru yang akan dapat melaksanakan arah kebijakan dan program kerja kwartir cabang ke depan,” ungkapnya.

“Dari Muscab ini tentunya nanti akan terbentuk susunan Kwarcab pramuka Kotabaru yang benar-benar solid, handal dan berkualitas sehingga mampu mengantarkan pada prestasi-prestasi yang membanggakan dan mengangkat nama baik Kabupaten kita ini,” jelasnya pula.

“Disini saya juga mengajak kepada segenap anggota pramuka khususnya pengurus yang hadir untuk bersama-sama mendukung akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan gerakan pramuka serta meningkatkan peran serta gerakan pramuka dalam pembangunan bangsa terkhusus di Kotabaru,” tambahnya.

Lebih jauh dibeberkannya pula bahwa, Pemerintah Daerah berkomitmen untuk terus untuk terus mendukung pengembangan anggota gerakan pramuka di Kotabaru.

“Kita yakin gerakan pramuka akan mampu menjadi agen perubahan dan menjadi salah satu pilar pendidikan bagi generasi muda yang memiliki akhlak kepribadian yang luhur dan mulia, cerdas, unggul, tangguh, kreatif dan inovatif, mandiri yang siap bersaing di era global,” jelasnya kemudian.

“Kepada yang terpilih nanti agar dapat melaksanakan kepemimpinannya dengan penuh tanggung jawab serta dapat menyusun program atau rencana kerja yang adaptif dan implementatif selaras dengan program-program Pemerintah Kabupaten Kotabaru,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kotabaru Khairian Anshari juga menerangkan, saat ini kondisi gerakan pramuka di Kotabaru ada namun seperti tiada, dan sudah sekian lama terjadi.

” Hari ini kami coba benahi itu tahap demi tahap kita benahi dari pengurusannya dulu setelah itu baru kita benahi sarana prasarana penunjang kepramukaannya bersama pengurus yang baru,” ucap Rian sapaan akrabnya.

Pihaknya juga akan memaksimalkan beberapa kegiatan kepramukaan dan berkoordinasi dengan pengurus yang baru agar dapat membangkitkan lagi kegiatan pramuka seperti dulu.

‘Kotabaru siap untuk dijadikan kegiatan kepramukaan karena ini peluang sangat bagus untuk mempromosikan wisata kita,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait