Dukung pengelolaan Air limbah berkualitas, Perumda PALD Banjarmasin gandeng IWK Malaysia

Teks foto : pertemuan Pemko Banjarmasin bersama Indah Water Konsortium (IWK) Malaysia Aula Kayuh Baimbai.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Indah Water Konsortium (IWK) Malaysia kembali membicarakan terkait kerjasama operator air dan sanitasi antara Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pengelola Air Limbah Daerah (PALD) Banjarmasin.

 

Bacaan Lainnya

Pertemuan itu, langsung di pimpin Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, berlangsung di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, pada Kamis (16/05).

 

“Tujuan dari kegiatan tersebut, yang merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan Dalam rangka berbagi pengalaman terkait kerjasama operator air dan sanitasi,” ujar Ikhsan Budiman, kepada wartawan.

 

Program ini telah berjalan selama 3 tahun sejak tahun 2022 hingga 2024.Di mana dilakukan kunjungan monitoring dan evaluasi terhadap pelatihan dan bimbingan teknis yang telah diberikan.

 

“Dengan sisa waktu pelaksanaan kurang lebih 6 bulan, diharapkan semua program pelatihan dapat diselesaikan sesuai rencana,” ungkapnya.

 

“Ini sebenarnya kerjasama di tahun ke-3 dari dari kita Perumda PAL di banjarmasin dengan perusahaan di Malaysia indah water Konsortium di mana bentuk kerjasamanya adalah peningkatan dan kapasitas untuk operator air penanganan air,” ucapnya.

 

Sementara itu, Direktur Perumda PALD Banjarmasin, Endang Waryono mengatakan pihaknya banyak belajar, terkait dengan pengolahan air limbah dari IWK Malaysia selaku mentor di EU WOP Programme.

 

Ia berharap kerjasama ini tak terhenti hanya sampai disini, namun juga terus berkelanjutan kedepannya.

 

“Tentu juga kita akan terus membenahi permasalahan pengelolaan air limbah di Banjarmasin,” ujarnya.

 

“Dan mudahan kita bisa masuk dalam program tahap kedua, karena disana program Insfrastruktur,” tandasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait