Pemkab HSU dapat Bantuan Motor Perpustakaan Keliling 

Teks foto:  Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin menyerahkan simbolis Motor Perpustakaan Keliling, bantuan untuk Kabupaten HSU yang diterima Pj Bupati HSU Zakly Asswan. (prokopim)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menjadi salah satu kabupaten yang mendapatkan bantuan Motor Perpustakaan Keliling.

 

Bacaan Lainnya

Bantuan tersebut diserahkan Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin secara simbolis saat momen puncak Peringatan Hari Ulang Tahun ke-44 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) dan Hari Buku Nasional 2024 di Ruang Teater lantai 2 Gedung Perpusnas, jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Jakarta, Jumat (17/5/2024) tadi.

 

Wakil Presiden RI menyerahkan bantuan Motor Perpustakaan Keliling kepada Pemkab HSU yang diterima langsung Pj. Bupati Drs. H. Zakly Asswan, MM.

 

Wapres Ma’ruf Amin, menekankan, pentingnya literasi sebagai dasar peningkatan kualitas sumber daya manusia.

 

“Melalui buku, kita dapat memperluas pengetahuan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis,” sampainya.

 

Melalui acara tersebut juga ditandai pencanangan gerakan Literasi Desa, dengan tujuan memperbaiki kondisi literasi di Indonesia.

 

Sementara, Pj. Bupati HSU Zakly Asswan, mengungkapkan, adanya bantuan Motor Perpustakaan Keliling tersebut, merupakan dukungan Perpusnas RI bagi Kabupaten HSU untuk menjalankan gerakan literasi desa.

 

“Kami senang sekali Kabupaten HSU menjadi 10 dari kabupaten/kota yang menerima bantuan dari Perpusnas RI,” ucapnya

 

Bantuan yang diterima, adalah satu unit motor perpustakaan keliling dan fasilitas penunjang perpustakaan desa yang nanti akan dibagikan pada 20 desa, masing-masing desa menerima buku perpustakaan desa sebanyak 1000 judul, komputer, printer dan TV LCD.

 

“Kami yakin masyarakat desa yang terdidik dan terliterasi akan menjadi tiang penyangga yang kokoh dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” sebutnya.

 

Gerakan Literasi Desa merupakan bagian dari program peningkatan kemampuan literasi yang telah dicanangkan menjadi sebuah gerakan nasional sejak 2015, guna menyongsong Indonesia Emas 2045.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait