DLH Sosialisasikan Pengelolaan Limbah Rumah Tangga

BATULICIN, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) lakukan sosialisasi pengelolaan limbah rumah tangga di Desa Dukuh Rejo, Kecamatan Mantewe.

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

Bacaan Lainnya

Sosialisasi diawali dengan pemaparan materi oleh narasumber dari DLH Tanbu yaitu Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Siti Fatimah dan Kasi Penanganan dan Pengelolaan Sampah Wahyuni. Kemudian dilanjutkan dengan praktek lapangan pengelolaan sampah.

Materi sosialisasi meliputi pengertian pengelolaan sampah berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang tatacara pemilahan sampah organik dan non organik, materi informasi pengumpulan sampah yang bernilai ekonomis atau bisa dijual, materi himbauan untuk pengurangan sampah plastik dalam kegiatan rapat dan pertemuan, serta praktek pembuatan kompos cair.

Peserta sosialisasi diikuti oleh ibu-ibu perangkat desa, tokoh masyarakat, TP PKK Desa, dan ibu rumah tangga.

Kepala DLH Tanbu, Rahmat Prapto Udoyo, melalui Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Siti Fatimah, mengatakan tujuan dilaksanakannya sosialisasi agar masyarakat memahami bahwa tidak semua sampah harus dibuang, tetapi bisa dijadikan kompos, dijual, dibuat keterampilan, dan yang dibuang apabila sudah tidak bisa dibuat apapun dari hasil keterampilan.

Fatimah berharap dari hasil sosialisasi Ibu Rumah Tangga (IRT) dan masyarakat di Desa Dukuh Rejo menjadi tahu bagaimana memilah sampah organik dan non organik.

Selain itu, juga diharapkan pengelolaan sampah tersebut memberikan manfaat yang bernilai ekonomis bagi warga masyarakat untuk menambah penghasilan keluarga.

Pada kesempatan sosialisasi tersebut, Fatimah juga mengajak untuk peduli dan menjaga lingkungan.

“Sampah sebaiknya tidak dibakar. Hasil dari pengolahan sampah bisa dijual dan dimanfaatkan sendiri. Pengelolaan sampah harus dimulai dari sumbernya dengan pengurangan dan penanganan sampah yaitu rumah tangga dan fasilitas umum,” tuturnya.

Perlu diketahui Desa Dukuh Rejo merupakan Desa Wisata, Desa Kampung KB, dan Desa P2WKSS.

Desa Dukuh Rejo memiliki objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi yaitu Wisata Goa Liang Bangkai.

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

Jika sampah dikelola dengan baik, tentunya tidak hanya menjadikan lingkungan yang bersih dan sehat, tetapi juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat karena limbah rumah tangga dapat dijadikan souvenir menarik yang diharapkan jadi oleh-oleh bagi para wisatawan pengunjung Goa Liang Bangkai.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait