Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

  • Whatsapp
Acara penyampaian proklim

BATULICIN, Kalselpos.com – Upaya masyarakat dalam menjaga lingkungan ditambah peran pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memberikan dukungan melalui programnya,mewujudkan sebuah kawasan pemukiman setingkat RW /dusun atau desa/kelurahan menjadi bersih hijau dan asri serta mampu meningkatkan ekonomi serta dapat mensejahterakan kehidupan masyarakatnya secara berkesinambungan.

foto bersama Wabup

Seperti Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, siapa sangka kampung yang dulunya menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba, kini telah bermetamorfosis menjadi kawasan rindang dan tertata rapi.

Baca juga=H. Rooswandi Salem Lantik Pengurus Politeknik Batulicin

Sejauh mata memandang, desa yang dulunya eks transmigrasi ini menampilkan kawasan jalan yang dipagari berbagai jenis tanaman bunga dan buah.

Kebijakan kepala desa setempat yang menerapkan kampung bersih dan hijau dituangkan dalam peraturan desa, dimana setiap warga tidak boleh membuang sampah sembarangan dan harus memiliki tanaman di pekarangan rumah, seperti tanaman hias, tanaman obat, sayur dan buah-buahan.

Dengan semangat gotong royong warganya dalam menjaga lingkungan inilah membuat Desa Batulicin Irigasi dinilai mampu beradaptasi dengan perubahan alam serta dapat melakukan pencegahan terhadap kerusakan lingkungan.

 

Tak heran desa ini pun terpilih masuk kedalam nominasi verifikasi penilaian Program Kampung Iklim tingkat Nasional
dari Balai Pengendalian Perubahan iklim Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKLH) Wilayah Kalimantan, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Ada beberapa poin penilaian yang menjadikan desa Batulicin irigasi ini terpilih masuk nominasi, verifikasi, diantaranya, masyarakat membuat embung-embung dan kolam-kolam sebagai tampungan air hujan yang berguna sebagai pengendalian banjir serta dijadikan sebagai cadangan air pada saat musim kemarau.

embung (Ahmad Fauzie)

Selain mitigasi itu, warga setempat juga menjual hasil tanaman yang dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan kesejahteraan masyarakat, diantaranya pengolahan minyak serai wangi.

Wakil Bupati Tanah Bumbu H Ready Kambo mengapresiasi penerapan proklim di kabupatennya ini khususnya di Desa Batulicin Irigasi.

Menurutnya, selaku pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu,mendukung serta serta akan menjadikannya percontohan bagi desa lainnya.

“Kami selaku pihak pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sangat mengapresiasi kegiatan Program Kampung Iklim yang ada di desa Batulicin irigasi dan kami harapkan ini bisa menjadi percontohan untuk desa-desa lainnya,” ungkap H Ready Kambo, kepada Kalselpos.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu,Rahmat P Udoyo mengatakan, Program Kampung Iklim ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk melakukan upaya perbaikan terhadap lingkungan dengan melakukan penguatan adaptasi dan mitigasi serta diharapkan Desa Batulicin Irigasi bisa menularkan kepada desa lainnya.

Baca juga=H. Rooswandi Salem Lantik Pengurus Politeknik Batulicin

Program Kampung iklim merupakan Program berlingkup nasional yang dikelola Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan kapasitas adaptasi terhadap dampak buruk perubahan iklim serta penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar