Dinkes Gelar Bintek Aspak

KOTABARU,Kalselpos.com – Para pengelola Aplikasi Sarana, Prasarana, dan Alat Kesehatan (ASPAK) ikut dalam pelak pelaksanaan Bintek.

Kegiatan ini di  ikuti 28 Puskesmas se Kabupaten Kotabaru. Dengan Narasumber dari Tim pengelo ASPAK Kabupaten Kotabaru, Bertempat diruang rapat dinas Kesehatan Kotabaru kemarin.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan Ktabaru Drs H.Ahmad Rivai M.SI menyampaikan ASPAK mupakan suatu aplikasi berbasis web yang menghimpun data dan menyakikan informasi mengenai sarana, prasarana, dan alat kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Baca Juga ==>Dinkes Tanbu akan Programkan Percontohan Desa Bebas Jentik Nyamuk 

Diutarakannya, disamping itu dapat memaparkan atau menyakikan informasi ketersediaan dan pemenuhan terhadap sarana, prasarana, dan alat kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan sesuai standar yang berlaku.

“Data ASPAK bermanfaat untuk pemangku kepentingan mendukung penilaian pemenuhan standar sarana, prasarana dan alat kesehatan, serta memberikan perizinan fasilitas pelayanan kesehatan, pelaporan kejadian tidak diharapkan pada fasilitas pelayanan kesehatan yang disebabkan oleh sarana, prasarana dan alat kesehatan,”ujarnya.

Disamping itu, manfaat untuk fasilitas pelayanan kesehatan yaitu membuat dasar perencanaan untuk pengembangan fasilitas pelayanan kesehatan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban.

Untuk itu dalam menyelenggarakan ASPAK di Puskesmas diperlukan penyiapan hardware dan jaringan internet, penyiapan petugas pengelola ASPAK, pelaksanaan input/update data mengenai sarana, prasarana, dan alat kesehatan dengan memiliki akses login ASPAK.

Ditambahkannya, demikian pula pada dinas kesehatan kabupaten perlu penyiapan hardware dan jaringan internet, penyiapan petugas pengelola ASPAK, pelaksanaan validasi data dari Puskesmas, pengelolaan data, dan penyajian informasi.

Baca Juga ==>Dinkes Tanbu akan Programkan Percontohan Desa Bebas Jentik Nyamuk 

Penulis: Ardiansyah
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait