Paman Birin Imami Shalat Magrib

MARTAPURA, Kalselpos.com – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor memilih berbaur bersama masyarakat menghadiri haul ke 14 Al- Allamah KH Zaini Ghani atau Abah Guru Sekumpul, Minggu (10/3) malam.

Gubernur yang akrab dipanggil Paman Birin ini sengaja tidak masuk ke Mushalla Ar-Raudhah. Dia memilih berada ditengah – tengah jemaah haul di luar mushalla.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya berbaur bersama jemaah, paman Birin juga mengimami shalat magrib bagi sebagian jemaah. “Saya sengaja memilih berbaur bersama masyarakat dalam perayaan haul tahun ini.

Baca Juga ==>Paman Birin ikut Memasak Nasi di Haulan Guru Sekumpul

Kita sangat beruntung sekali mempunyai ulama kharismatik seperti Syich Muhammad Arsyad Al-Banjari dan KH Zaini Abdullah Ghani atau guru Sekumpul yang sangat dicintai ummat dan menjadi pelita tidak saja di Banua tapi juga di nusantara dan negara tetangga,” ujarnya.

Menurut gubernur, bukti beliau sangat dicintai ummatnya adalah, dalam dua tahun terakhir, jemaah haulan yang datang jumlahnya sudah jutaan. “Saya mengajak kepada kita semua untuk mewarisi dan mentauladani apa – apa yang disampaikan dan diajarkan guru sekumpul dalam kehidupan sehari – hari,” harapnya.

Proses haulan sendiri dimulai setelah salat magrib. Diawali dengan pembacaan Al-Qur’an kemudian dilanjutkan pembacaan zikir, tahlil, syair maulid Habsyi dan ditutup dengan doa arwah.

Gubernur tampak khusu mengikuti prosesi haulan sampai usai. Terlebih lagi ketika syair Maulid Habsyi dilantunkan dengan merdu oleh dua putra guru sekumpul yaitu Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali. Tampak juga terlihat  suasana kebersamaan dan gotong royong dalam pelaksanaan haulan.

Disepanjang jalan menuju kubah guru sekumpul ribuan relawan, polisi, TNI dan semua lapisan masyarakat bahu membahu turut serta mensukseskan acara sehingga bisa berjalan dengan lancar. Bahkan banyak warga yang melaksanakan Open House bagi jamaah haulan.

Baca Juga ==>Paman Birin ikut Memasak Nasi di Haulan Guru Sekumpul

“Saya sudah lima tahun melakukan Open House bagi jamaah haulan Abah guru sekumpul. Pintu rumah saya selalu terbuka bagi jamaah yang mau menginap. Saya juga menjamu jamaah yang datang dengan menyediakan makan dan minum, semoga berkah,” ujar H Yusfiah, warga Jalan Pendidikan Sekumpul kepada Kalsel Pos.

Penulis : Muliadi
Editor : Wandi
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait