Sekda Kotabaru buka FGB Penyuluhan Publikasi Kabupaten

KOTABARU, K.Pos – Sekretaris Daerah Kotabaru Drs H Said Akhmad, MM membuka secara langsung acara Focus Group Discussion Penyuhan Publikasi Kabupaten Kotabaru Dalam Angka Tahun 2019 yang bertempat di Operation Room Sekda, Selasa (13/8) kemaren.

Baca juga=Kotabaru Mulai Krisis Air Bersih

Bacaan Lainnya

Berhadir dalam acara ini Kepala Badan Pusat Statistik Kotabaru, Kepala Satua Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Instansi Vertikal, Camat se-Kabupaten Kotabaru, Pimpinan BUMN dan BUMD di Kotabaru dan peserta yang hadir.
Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad mengatakan bahwa, kegiatan Focus Group ini merupakan salah satu dari rangkaian penyusunan publikasi Kabupaten Kotabaru dalam angka Tahun 2019.

Ia juga menerangkan bahwa, publikasi Kabupaten Kotabaru dalam angka menginformasikan berbagai jenis data yang bersumber dari Badan Pusat Stastistik (BPS) dan instansi lain yang memuat gambaran umum tentang keadaan geografi dan iklim pemerintahan serta perkembangan kondisi sosial, demografi dan perekonomian Kabupaten Kotabaru.

Peran data dalam pembangunan lanjut Sekda, meliputi keterpaduan perencanaan sebagai dasar penyusunan kebijakan pembangunan daerah dan pelaksanaan sebagai panduan dalam pelaksanaan pembangunan agar sejalan dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan, pengendalian pembangunan sebagai acuan dalam menentukan batasan dalam pembangunan dan evaluasi serta data yang dihasilkan harus dapat memenuhi standar data yang sudah ditetapkan, memiliki meta data serta menggunakan kode referensi dan data induk namun seringkali terjadi permasalahan ssperti terdapatnya data yang tidak sinkron antara daerah dalam angka dan statistik Indonesia.

“Kepada seluruh peserta untuk dapat aktif dalam memberikan masukan dan saran serta berbagai hal yang berkaitan dengan kelengkapan data yang diperlukan serta berdiskusi dan berkoordinasi terkait data-data dari instansi pemerintahan maupun swasta yang akan diperlukan,” ucap Sekda.

Baca juga=Kotabaru Mulai Krisis Air Bersih

“Hendaknya nanti dari kegiatan ini publikasi yang akan dihasilkan tentunya akan dapat menampilkan data-data yang lebih lengkap serta akurat untuk dapat membantu perencanaan pembangunan di Kabupaten Kotabaru serta nantinya akan dapat memenuhi data dari berbagai pihak yang akan memanfaatkan data-data yang akan dipublikasikan ini,” tandasnya.

Penulis   : Muliana/ardiansyah/uzi
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait