Sudirman Said : Bebaskan Indonesia dari Middle Incoming Trap

BERI MATERI: Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said saat memberikan materi dihadapan mahasiswa UMP. (Nanang Anna Nurani)

Purwokerto, Kalselpos.com – Mantan Menteri ESDM 2014-2016 Sudirman Said Sudirman Said menyebut Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu membebaskan negeri ini dari Middle Income Trap. Hal tersebut dikatakan Ketua Institut Harkat Negeri (IHN) ini saat berbicara sebagai dosen tamu di depan tiga ribu mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Selasa (28/8/2018) di Purwokerto, Jawa Tengah.

Menurut Sudirman, ada beberapa alasan mengapa Indonesia sangat membutuhkan pemimpin yang mampu membebaskan dari Middle Incoming Trap.

Bacaan Lainnya

Disebutkannya, poin pertama jika negara dikelola oleh pemimpin yang tidak jujur dan tidak kompeten, bonus demografi bisa berubah menjadi bencana demografi.

“Besarnya jumlah penduduk yang masuk kategori miskin dan rentan miskin adalah tanda peringatan yang mengancam periode bonus demografi,” ujarnya.

Atas alasan tersebut, Sudirman menilai Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu mengelola negara berbasis konsep, mampu melakukan terobosan, dan memiliki kapasitas manajerial tinggi untuk mengelola kemajemukan dan kompleksitas.

Negara tidak bisa diurus dengan amatiran, bermodalkan popularitas tapi kosong gagasan, tanpa visi. Menurutnya, ada beberapa cara untuk mencapai kepemimpinan Indonesia yang mampu membebaskan dari persoalan Middle Incoming Trap. Salah satunya, kata dia, adalah peran dari pergerakan mahasiswa.

Pos terkait