Dua Gol Centre Back Bawa Barito Taklukkan Persebaya 2-1

- Pemain Barito Putera, Renan Alves dan kawan-kawan merayakan gol usai membobol gawang Persebaya Surabaya. Barito menanh 2-1 atas tamunya di Stadion Demang Lehman Martapura, Kamis (9/3/2023) sore. (Instagram psbaritoputeraofficial/ kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Dua gol yang dibuat center back Barito Putera, Yuswanto dan Renan Alves membawa Barito Putera menundukkan tamunya Persebaya Surabaya 2-0 dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Demang Lehman Martapura, Kalimantan Selatan, Kamis (9/3/2023) sore.

Dua gol tersebut juga berkat jasa sang kapten Rizky Pora yang memberikan umpan-umpan memanjakan ke mulut gawang hingga mempermudah menyundul bola pemain-pemain Laskar Antasari.

Bacaan Lainnya

Walau pun mendapat tambahan tiga poin, Barito Putera tak beranjak di posisi 17 dengan 28 poin dari 28 ki main, sama dengan PSS Sleman diperingkat 16 tapi kalah selisih gol.

Sementara bagi Persebaya dengan kekalahan itu berada diperingkat 8 dengan 28 poin dari 26 kali main.

Ada yang beda dari biasanya komposisi yang diturunkan pelatih Rahmat Darmawan (RD) dalam pertandingan melawan Persebaya. Di posisi striker, tidak ada nama Gustavo Contatin serta gelandang pengatur serangan Mike Ott.

Mengisi kekosongan di bomber, tim Laskar Antasari menurun dua striker, Eksel Runtukahu dan Rahmat Beri Santoso, sedangkan slot kosong play maker diisi Ferdiansyah yang biasanya menempati posisi bek sayap kanan. Di bek kiri yang biasanya ditempati Aditya Putra kali ini ditempati Frank Sokoy.

Tidak turunnya beberapa pemain kunci, cukup menggangu keseimbangan tim hingga minimnya serangan dan Barito yang lebih banyak mengandalkan kemampuan skill individu Rizky Pora untuk membongkar pertahanan Persebaya.

Tidak adanya Mike Ott yang mengatur serangan, membuat gelandang Persebaya ditempati Ze Valente, Sho Yamamoto serta pemain bek sayap kiri Catur Pamungkas dan Supriadi di kanan mampu menguasai lini tengah dan mampu merepotkan lini belakang Barito dikawan Renan Alves dan Yuswanto sepanjang 15 menit awal babak pertama.

Pelan-pelan tim Laskar Antasari mulai bisa menemukan permainan dengan mampu mengimbangi permainan Persebaya.

Di menit 17, sebuah serangan dilakukan Bayu Pradana dan diberikan kepada Rahmat Beri Santoso. Sangat disayangkan mantan pemain Timnas U-20 Indonesia ini tidak menyundul bola, malah berusaha menendang hingga lepas dan dengan mudah diamankan kiper Persebaya, Ernando Ari.

Barito terus menggempur pertahanan Persebaya yang dikawal Rizky Ridho, Leo Lelis dan Koko Ari Araya. Bahkan centre back tim kebanggaan Urang Banjar, Renan Alves maju ke depan ikut membantu serangan.

Di menit 21, sundulan Yuswanto dari tendangan sudut dilakukan Rizky Pora masih melambung di atas mistar gawang Ernando.

Persebaya berusaha keluar dari tekanan tuan rumah. Ze Valante mendapatkan peluang dari bola liar sundulan Beri Santoso, hanya saja tendangan volinya masoh bisa dihalau kiper Barito, Yoewanto Beny.

Barito akhirnya berhasil menjebol gawang Persebaya melalui sundulan center back Yuswanto di menit 33 yang ikut maju ke depan. Berawal dari tendangan sudut dari sektor kanan pertahanan Persebaya, disundul Bayu Pradana dan bola berusaha dihalau Rizky Ridho tapi membentur kepala dan si kulit mengarag Yuswanto yang langsung menyundul bola ke gawang tak bisa dihalau kiper Persebaya, Ernando.

Ketinggalan 0-1, tim Bajol Ijo berusaha menyamakan kedudukan dengan langsung menggempur pertahanan Barito. Di menit 34, Yamamoto melakukan akselerasi dan melakukan tembakan keras berhasil di blok kiper Beny, untungnya bola muntah ditendang catur masih melambung. Begitu juga tendangan pemain asal Jepang di menit 39 berhasil di blok Bagas Kaffa.

Hingga pertandingan turun minum, Barito masih mampu mempertahan keunggulan 1-0.

Memasuki babak kedua, pelatih Persebaya, Aji Santoso menarik keluar Supriadi dan memasukkan Ahmad Nufiandani untuk menambah daya gedor disayap kanan.

Strategi mantan pelatih Persiko Kotabaru itu membuahkan hasil. Di menit 53, Yamamoto yang sejak awal mampu memporak-porandakan pertahanan Barito, kembali meliuk-liuk melewati pemain belakang tuan rumah dan memberikan umpan silang kepada Ahmad Nurfiandani yang tak mendapat pengawalan Yuswanto dan Sokoy, sehingga dengan mudah menceploskan bola ke gawang Barito.

Kedudukan pun akhirnya berubah menjadi 1-1.

Tak ingin hanya mendapat satu poin di kandang sendiri, pemain Laskar Antasari langsung tampil ofensif untuk meraih kemenangan.

Di menit 62, Nazar Nurzaidin memberikan umpan ke Eksel, tapi sundulan ke samping kiri, padahal posisinya tak terkawal dan gawang sudah kosong.

Empat menit kemudian giliran tandukan Beri Santoso setelah menerima umpan Rizky Pora masih menyamping di sebelah kiri gawang Persebaya.

Meningkatkan serangan, pelatih Barito, Rahmat Darmawan memasukkan Dedy Hartono Slamet Budiono dengan menarik keluar Ferdiansyah dan Rahmat Beri Santoso di menit 73.

Strategi itu cukup mumpuni dengan kembali menguasai permainan. Di menit 80, Renan Alves yang ikut maju ke depan mampu membobol gawang Persebaya melalui sundulan kepala setelah menerima umpan Rizky Pora.

Sisa 10 menit terakhir, Persebaya terus-terusan menggempur pertahanan Laskar Antasari.

Mempertahankan keunggulan, RD menambah ‘darah segar’ dengan memasukkan Buyung Ismu, Dendy Maulana dan Aditya Putra Dewa dengan menarik keluar Rizky Pora, Aksel dan Sokoy.

Barito akhirnya bisa mempertahankan keunggulan 2-1 hingga pertandingan berakhir.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait