Peringatan 1 Oktober, Bupati Ajak Masyarakat Tanamkan Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari ‎

HORMAT- Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry bersama Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad, menghormat saat mengikuti peringatan hari kesaktian Pancasila.(Kominfo)

Kandangan, kalselpos.com– Bupati Kabupaten  Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, M.AP bersama Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad, mengikuti upacara peringatan hari kesaktian Pancasila, secara virtual melalui aplikasi zoom, di Media Center Setda, Kamis (1/10).

‎Upacara hari kesaktian Pancasila dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur tersebut, juga diikuti secara virtual oleh para menteri, pimpinan lembaga negara, instansi pusat, serta kepala daerah dan forkopimda.

Usai mengikuti peringatan hari kesaktian Pancasila, ‎Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, mengatakan ada dua makna yang terjadi, yakni 30 September adalah sejarah kelam bangsa Indonesia, dan ‎1 Oktober sebagai hari kesaktian Pancasila ditandai dengan menaikkan bendera satu tiang penuh.‎

Bacaan Lainnya

Menurut bupati, peringatan digelar sebagai wujud rasa duka yang mendalam pemerintah, setiap tanggal 30 September yang meminta masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang, dan 1 Oktober memperingati sebagai hari kesaktian Pancasila ditandai dengan menaikkan bendera satu tiang penuh.

“sebagai bangsa Indonesia, kita tidak akan pernah melupakan sejarah kelam tersebut. Kita berharap tidak terulang lagi dengan mengamankanan ‎nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.‎

Sebagai pemerintah daerah (pemda), kata bupati, pihak ‎berharapk dan mendorong semua lembaga pendidikan, baik formal maupun non formal, untuk terus memberikan pelajaran-pelajaran sejarah kepada anak-anak, baik sejarah kelam maupun sejarah kejayaan. ‎”Sejarah itu harus diketahui oleh anak-anak, sehingga dimasa yang akan datang bisa jadi modal mereka kedepan,” ujarnya.

‎Bupati mengajak semua pihak untuk menghormati pahlawan yang telah gugur, baik yang dikenal maupun tidak dikenal,‎ ‎mendapat tempat yang baik oleh Allah SWT. “Semoga kita ‎diberikan kesempatan untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada pemerintah dan masyarakat, untuk bisa terus melestarikan nilai-nilai Pancasila,” ujar bupati.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Wandi