Sekda Tandatangani Komitmen Replikasi Onovasi Biottron dan Cabai Rawit Hiyung Mendunia

Teks foto Sekretaris daerah Dr Sufiansyah tandatangani Menandatangani komitmen replikasi inovasi biotron dan cabai rawit Hiyung mendunia pedasnya 17 kali lipat di Lingkungan pemerintah kabupaten Tapin  bertempat Aula Balai Pertanian Desa Hiyung Kecamatan Tapin.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin Dr Sufiansyah menyambut kunjungan lapangan Asisten Deputi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktek Terbaik Pelayanan Publik Kementrian Pendayaguanaan Aparatur Negara Repormasi Birokrasi Republic Indonesia Dr Ajib Rakhmawanto SIP MSI ke Lahan Pertanian Cabai Rawit Hiyung Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kab Tapin. Selasa (21/5/2024).

Tidak hanya menerima Kunker KemenPANRB juga Sekda Menandatangani komitmen replikasi inovasi biotron dan cabai rawit Hiyung mendunia pedasnya 17 kali lipat di Lingkungan pemerintah kabupaten Tapin bertempat Aula Balai Pertanian Desa Hiyung Kecamatan Tapin.

Bacaan Lainnya

Dr Ajib Rakmanto kunjungan kelapangan ini dalam rangka mendorong tumbuhnya inovasi-inovasi di sector pertanian yang dibuat di Kabupaten Tapin.
“Kunjungan kita bersama rombongan kelapangan ini dalam rangka melaksanakan salah satu program kami Kemenpan RB RI, yang kita dorong melalui program pembinaan inovasi pelayanan public, “ jelasnya.
Sebagaimana diketahui bahwa inovasi itu tidak tumbuh dengan baik dengan cara melaksanakan tiga hal yang satu saling berkaitan, dinataranya Kemenpan RB mendorong mendorong bagaimana inovasi itu bisa tumbuh yang ada di Kabupaten Tapin.

“Alhamdulilah cabe rawit hiyung yang terkenal 17 kali lipat pedasnya adalah salah satu inovasi yang tumbuh di kab Tapin mampu menghasilkan produk-produk yang bermanfaat tidak hanya menanam cabe tumbuh panen dan dijual, tetapi dibuat berbagai macam produk, “katanya.
Hanya saja saya lihat tadi dilapangan, produktifitas dari cabe rawit hiyung yang masih kurang, peminat banyak, produktifas kurang, padahal keberadan cabe rawit hiyung ini potensi yang sangat baik sekali.
Berharap tidak hanya inovasi saja yang dimunculkan tetapi yang lebih penting, produktifitasnya dan program sertifikasi dan penyebarluasan inovasi secara intents. “Berharap inovasi yang sudah tumbuh di Tapin ini, bisa juga ditularkan di daerah lain Kalsel dan luar Kalimantan Selatan, “ harapnya.

 

Sementara Sekda Tapin Sufiansyah mengucapkan, selamat datang kepada Asisten deputi dan fasilitasi strategi pengembangan praktek terbaik pelayanan publik Kemenpan RB Dr Ajib Rakhmawanto sip MSI , telah berkenan hadir ke Tapin dalam kunjungan lapangan dan penandatanganan komitmen replikasi inovasi cabai rawit Hiyung Tapin mendunia pedasnya 17 kali lipat.

 

“Seperti ketahui bersama, bahwa cabai rawit Hiyung Tapin merupakan inovasi pertanian, yang menarik perhatian nasional yang pedasnya klaim 17 kali lipat lebih pedas dari cabe biasa, “ ujarnya.

Menurutnya Cabai Rawit Hiyung ditanam diwilayah dengan tingkat keasaman rendah dan telah memunjukkan perkembangan yang baik. baik cabai Hiyung juga telah dikembangkan di wilayah. Wilayah kecamatan desa lingkup kabupaten Tapin yang memiliki karakteristik tanah yang sama.

“Melihat karakteristik tanah kabupaten kota lingkup Prov Kalsel yang banyak memiliki persamaan diharapkan inovasi cabai Hiyung dapat direplikasi dan dikembangkan juga di daerah lain di luar Kab Tapin, “ harap Sekda.

Saat ini cabai Hiyung sudah diproduksi dan dipasarkan dalam berbagai produk olahan bahkan juga telah bekerja sama dengan PT ABC President Indonesia sebagai salah satu bahan baku utama membuat sambal kemasan.
“Semoga kegiatan ini menjadi langkah kerja nyata kita semua untuk meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat di Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Tapin, “ pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Sekda Kepala Bappelitbang Tapin Meidy Haris Prayoga, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Balai Pertanian Binuang Prov Kalsel, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Diskominfo, Kepala DPKAD, Kepala Bagian Organisasi Setda Tapin dan Kepala Bagian Pemerinytahan serta para Camat dan Kepala Desa Tapin Tengah.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait