Rumah tanpa izin di Sungai Andai dibongkar Satpol PP 

Teks foto : Petugas Satpol PP Banjarmasin, melakukan pembongkaran sebuah bangunan rumah tanpa izin.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin melakukan pembongkaran sebuah bangunan rumah tanpa izin di pinggir sungai di kawasan Kelurahan Sungai Andai, RT 27, Banjarmasin Utara, Selasa (21/05/24) siang.

 

Bacaan Lainnya

Bangunan rumah bermaterial kayu itu dibongkar lantaran dianggap melanggar Peraturan Daerah (Perda) Banjarmasin Nomor 2 Tahun 2007, tentang Pengelolaan Sungai.

 

Pembongkaran dilakukan secara manual dan menggunakan mobil derek.

 

Kabid tibum Satpol PP Banjarmasin, Fahmi mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan edukasi kepada pemilik bangunan.

 

“Bahwa tidak boleh mendirikan bangunan di pinggir sungai. Kemudian, bangunan yang didirikan itu juga tidak mengantongi izin,” ujar Fahmi, kepada wartawan.

 

Ia juga menjelaskan, prosedur itu dilakukan sebelum bangunan sepenuhnya rampung dibangun

 

“Dari awal pembangunan pondasi dan yang lainnya, sudah kami sampaikan teguran atau peringatan,” katanya.

 

Kemudian, disusul dengan menyerahkan surat pemberitahuan dan surat peringatan (SP). Dari SP1 sampai SP3 pada tanggal 14 Mei tadi.

 

“Dan ternyata, dari pemilik bangunan tidak ada itikad untuk membongkar bangunan sendiri. Hingga akhirnya hari ini kami lakukan pembongkaran,” ungkapnya.

 

“Selain bangunan rumah, tiga buah lapak dagangan yang dibangun tepat di depan rumah tersebut juga ikut dibongkar,” tandasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait