Pj Bupati Tapin Hadiri Forum Air Sedunia ke 10 di Bali

Teks foto Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin saat berada di stand Tapin perkenalkan produk kerajinan dan pariwisata Tapin di forum Air Sedunia ke 10 di Provinsi Bali.(ist)(kalselpos.com)

Rantau,kalselpos.com – Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin hadiri Forum Air Sedunia (Word Water Forum) ke 10 yang diselenggarakan di Bali International Convention Center (BICC) Kabupaten Badung Provinis Bali Senin (20/5/2024).

Peringatan Hari Air Sedunia ini dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Disamping itu pula pada peringatan itu Pemerintah Kabupaten Tapin ikut berpartisipasi dengan membuka stand memamerkan produk-produk hasil kerajinan dari pelaku UMKM Tapin dan tempat-tempat Pariwisata di Kabupaten Tapin.

Bacaan Lainnya

Pada pembukaan itu Presiden RI Joko Widodo dihadapan peserta forum meneguhkan pentingnya komitmen bersama dalam pengelolaan air yang inklusif dan berkelanjutan.
“Forum air sedunia ke 10 ini untuk meneguhkan komitmen bersama dan merumuskan aksi nyata pengelolaan air yang inklusif dan berkelanjutan, “ ujar Presiden mengutip di laman Setkab RI.

Presiden mengungkapkan bahwa 72 presen permukaan buni tertutup air dan hanya 1 persen yang bisa diakses dan digunakan sebagai air minum dan keperluan sanitasi. Kekhawatiran ini akan berdampak pada pertanian.
“Di Tahun 2050,Rp 500 juta petani kecil sebagai penyumbang 80 persen pangan dunia diprediksi paling rentan mengalami kekeringan, tanpa air tidak ada makanan, tidak ada perdamaian tidak ada kehidupan, “ ujarnya.

Berharap melalui forumini dapat memperkuat komitmen kolaborasi antar negara dalam mengatasi masalah terkait air.
Sementara Penjabat Bupati Tapin M Syarifuddin mengatakan, tujuan pemerintah Kabupaten Tapin menghadiri hari air sedunia ini, untuk berpartisipasi mengenalkan produk kerajinan Tapin dan Pariwisata Tapin yakni telah dibangunnya bendungan Tapin yang diresmikan Presiden RI beberapa waktu lalu.
“Tujuan kita ikut pameran pada peringatan air sedunia di selenggarakan di KabupatenBadung Provinsi Bali, untuk memperkenalkan produk dari kerajiann di Tapin dan pariwisata, tidak hanya tingkat nasional juga dikenal manca negara, “ ujarnya.

 

Berharap dengan dikenalkannya produk kerajinan Tapin dan pariwisata ini, para peserta di forum air sedunia ini tidak hanya kepala daerah se Indonesia juga dari kepala Negara dunia, delegasi, wisatawan mancanegara, dan lainnya bisa melihat dan membeli produk kerajian kita, tetapi juga bisa datang ke tempat kita secara langsung, sehingga UMKM dan juga pariwista tapin lebih dikenal lebih luas lagi.
“Paling tidak kita ingin menarik minat pengunjung agar mengetahui Kabupaten Tapin terlebih dahulu, dan secara otomatis mereka akan berkunjung kesana, “katanya.

Adapun kegiatan pameran berlangsung selama 8 delapan hari sejak tanggal 18-25 Mei 2024 bertempat di Kabupaten Badung Provinsi Bali.

Turut serta mendampingi Pj Bupati Tapin Kepala Dinas PUPR Rizkan Noor, Kepala Dinas Perdagangan Sugian Noor, Kepala Dinas Pariwisata Hamdan Rosyadie dan Bagian Protokol dan Komonikasi Pimpinan Setda Tapin.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait