Festival Teluk Tamiang 2023 diisi dengan parade bakar ikan sepanjang pesisir pantai

Teks : Festival Teluk Tamiang tahun 2023, di Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar, Minggu (3/12/2023).

Kotabaru, kalselpos.com– Pemerintah Daerah Kotabaru melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat menggelar Festival Teluk Tamiang tahun 2023 yang berada di Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar, Minggu (3/12/2023).

Festival yang diselenggarakan ini merupakan salah satu event kalender tahunan pariwisata yang mana digelar oleh Pemerintah Daerah setempat selama dua hari dari tanggal 2 sampai 3 Desember 2023 ini.

Bacaan Lainnya

Festival Teluk Tamiang diawali dengan Pesta Laut atau Pesta Pantai atau lebih di kenal dengan Mappanretasi dalam bahasa Bugis ini adalah sebuah festival adat Bugis yang diturunkan secara turun- menurun. Festival ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rezeki yang dilimpahkan dari pantai Teluk Tamiang yang menjadi sumber utama penghidupan masyarakat Bugis Teluk Tamiang yang berprofesi sebagai nelayan.

Tujuan festival ini, agar masyarakat Teluk Tamiang dan sekitarnya dapat merayakan dan menghormati nilai-nilai budaya mereka sambil menginspirasi generasi muda dalam mendorong semangat kreatifitas dan melestarikan budaya lokal.

Festival teluk tamiang ini juga akan menjadi objek untuk memfasilitasi kolaborasi antara generasi muda dan generasi yang lebih tua yang akan menghubungkan pengetahuan tradisional dan ide segar sehingga warisan budaya tetap relevan dan terus berkembang.

Dikesempatan itu Plt Dinas Pariwisata, Pemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kotabaru Risa Ahyani, SE.M.Si mengatakan, Bupati Kotabaru telah menetapkan pariwisata adalah sebagai visi misi utama dalam pemerintahannya.

“Dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur tentunya kita berharap agar warga yang ada disana akan dapat berwisata datang ke Bumi Saijaan dengan mengunjungi wisata Teluk Tamiang yang disebut Balinya Kotabaru sesuai dengan keindahan alamnya,” ucap Plt Disparpora ini.

“Selain Pantai Teluk Tamiang kita juga masih ada tempat wisata lain seperti Pantai Sarang Tiung, Gunung Mamake, Gunung Papake,.Gunung Meranti, Siring Laut dan yang lain dan juga diharapkan dapat mematuhi master plan yang telah dibuat, supaya pembangunan yang kita bangun di wilayah tempat wisata akan lebih terarah,” ungkap Risa Plt Disparpora.

“Selain itu Bupati juga berpesan kepada semua pihak, tolong viral kan acara ini, festival teluk tamiang melalui sosmed sehingga masyarakat luas dapat tahu bahwa kita mempunyai festival dan Pemkab sendiri juga menyebarkan tempat wisata di Kotabaru agar mendunia sehingga wisatawan dari manca negara dapat berkunjung dan datang ke Kabupaten kita ini,” terangnya

Sementara itu Asisten I Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H.Minggu Basuki juga menyampaikan, “atas nama Pemerintah Daerah, saya menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya acara festival teluk tamiang ini. Yang merupakan sebuah acara yang dinanti-nanti oleh masyarakat Kotabaru,” ujar Asisten.I Sekda ini.

Pantai Teluk Tamiang merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Kotabaru yang mana airnya yang biru jernih dilengkapi hamparan pasir putih menjadi daya tariknya sendiri bagi pengunjung.

“Diadaka’nnya acara ini tentunya bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat yang telah dilaksanakan bertahun-tahun.,” imbuhnya.

Hal senada ditambahkan oleh Camat Tanjung Selayar H.Bahrudin, S.Pd, ucapan terima kasih pada Bupati dan kepala Kadispapora sehingga terlaksananya acara ini.

“Di adakan parade bakar ikan, dengan kurang lebih 200 meter dan 10 ribu ikan dengan kerjasama kita antar pariwisata dengan nelayan dan festival ini bisa berlanjut ketahuan depan dengan lebih meriah,” katanya.

“Kita juga berharap di IKN nanti ada channel untuk dapat menyuplai ikan yang berasal dari Teluk Taming untuk kebutuhan ikan disana,”

Diharapkan Nanti di IKN ada channel untuk menyuplai ikan berasal dari teluk tamiang,. Untuk kebutuhan ikan disana.,” tandasnya.

Acara festival ini dihadiri oleh Kepala SKPD, Camat, Forkopimcam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala Desa, Tamu Undangan lainnya serta warga masyarakat. Diisi dengan parade ikan bakar sepanjang pesisir pantai dan dihibur artis jebolan KDI dan LIDA.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait