Pemerintah Kecamatan Binuang Launcing Aplikasi SIMPANAN 

Teks foto Sekretaris Daerah Tapin Dr Sufiansyah melaunching aplikasi baru bernama SIMPANAN Pemerintah Kecamatan Binuang.(ist)

Rantau, Kalselpos.com – Pemerintah Kecamatan Binuang melaunching inovasi baru dibuat diberi nama Aplikasi SIMPANAN.

 

Bacaan Lainnya

Aplikasi SIMPANAN di launching langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin Dr Sufiansyah juga selaku Ketua Tim Inovasi Daerah Kabupaten Tapin bersama Camat Binuang H Hendryanoor Efendy sekaligus sosialisasi inovasi yang sudah di resmikan bertempat Aula Kantor Kecamatan Binuang, Jalan By Pass Binuang Kabupaten Tapin,Senin (27/11).

 

Inovasi Aplikasi SIMPANAN merupakan akronim dari Sistem Informasi Pelayanan, sebagai bentuk aksi perubahan program kerja administrasi Pemerintah Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin, tahun 2023 dalam upaya meningkatkan pelayanan publik yang mudah, efektif dan efisien.

 

Sekertaris Daerah (Sekda) Pemkab Tapin H Sufiansyah mengatakan, apresiasi Pemerintah Kecamatan Binuang, telah membuat inovasi baru dalam hal peningkatan pelayanan publik di kecamatan. Khususnya Kecamatan Binuang.

 

“Semoga inovasi SIMPANAN dan inovasi – inovasi lainnya ini bermanfaat untuk masyarakat secara umum”, ujarnya.

 

Menurut Sekda yang juga Ketua Tim Inovasi Pemerintah daerah bahwa di jaman semakin maju dan serba digital pemerintah daerah dituntut untuk memberikan pelayanan publik yang mudah, murah, cepat, efektif dan efisien.

 

“Paling urgen dan harus benar – benar dibuat inovasi oleh seluruh SOPD sekarang ini terkait pelayanan publik, “jelasnya.

 

Namun demikian Pemerintah Kabupaten Tapin secara umum, sudah mencapai 60 hingga 70 persen OPD sudah membuat inovasi karena eselon II hampir 90 persen berinovasi tinggal eselon III.

 

“Tinggal penyempurnaan inovasi yang telah dibuat apakah benar-benar memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, “imbuhnya.

 

Sementara Camat Binuang Hendryanoor Efendy menyampaikan, inovasi aplikasi diberi nama SIMPANAN ini merupakan salah satu dari beberapa inovasi yang telah dibuat Pemerintah Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

 

“Sistem Informasi Pelayanan atau Simpanan ini, sebagai inovasi pelayanan publik yang berbasis online dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi”, ujarnya.

 

Dalam aplikasi SIMPANAN ada tiga layanan diberikan yaitu pembuatan surat keterangan tidak pernah dihukum, surat rekomendasi nikah dan surat keterangan buat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

 

“”Warga masyarakat yang membutuhkan tiga pelayanan administrasi tersebut tinggal login di google, kemudian membuat akun dan ikuti petunjuk selanjutnya, “ujarnya.

 

Sementara untuk penerbitan suratnya masyarakat yang telah selesai mengikuti petunjuk dimaksud, ada dua pilihan yakni pertama yang bersangkutan bisa mengambil hasilnya ke kantor kecamatan secara gratis, atau dengan jasa kurir tentunya dikenakan biaya ongkos kirim.

 

Mudah-mudahan adanya inovasi baru SIMPANAN di Pemerintah Kecamatan Binuang, melalui media ini dapat dikenal dan diketahui masyarakat luas khususnya warga Binuang.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait