Pelajar Menengah Pertama se-Kabupaten HSU Belajar Reportase

Teks foto:  Para pelajar yang mengikuti workshop Reportase Jurnalistik sedang mempraktekan tahapan wawancara dengan narasumber. (adiyat)

Amumtai, Kalselpos.com – Pembelajaran Reportase Jurnalistik juga menyasar ke kalangan Pelajar Menengah Pertama di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

 

Bacaan Lainnya

Puluhan pelajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mengikuti Workshop Reportase Jurnalistik Pelajar begitu antusias. Workshop yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) HSU tersebut, diselenggarakan selama dua hari, tanggal 27 dan 28 November 2023, di aula SMP Negeri 1 dan 2 HSU.

 

Kegiatan ini bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Kabupaten HSU.

 

Disamping dilatih untuk menulis, mendokumentasikan melalui foto dan video, dalam kegiatan ini para peserta juga diajak untuk melakukan reportase dan wawancara langsung dengan narasumber, diajarkan menjadi Master Of Ceremony (MC), komunikasi efektif, serta mengeksplorasi ke beberapa tempat yang dibagi menjadi beberapa kelompok.

 

Kabid SMP dari Disdikbud HSU Didi Kasuma Ahyani mengatakan, Workshop Reportase Jurnalistik bagi pelajar se SMP di HSU ini, merupakan kali kedua, setelah setahun yang lalu juga diselenggarakan, “Mengingat hasil dari kegiatan yang tahun pertama, bahwa keterampilan anak bidang Reportase Jurnalistik ini sangat meyakinkan. Contoh saja, saat melakukan kunjungan ke SMP saya diwawancarai oleh tim reportase anak sekolah tersebut,” katanya.

 

Harapan serupa juga disampaikan Didi terhadap siswa (i) yang mengikuti workshop di tahun ini. Ilmu dan materi yang disampaikan oleh narasumber dapat dipelajari dengan baik, sehingga dapat dipakai nantinya untuk sekolah masing-masing.

 

“Siapa tau, anak-anak sekalian setelah dewasa berminat menjadi wartawan atau pengetahuan ini menjadi hal berharga untuk pengalaman lainnya. Karena pengetahuan dan pengalaman tidak ada batasnya, jadi cari sebanyak mungkin yang bernilai positif,” harapnya.

 

Kepala SMP Negeri 2 HSU, Yusriansyah berujar, workshop merupakan kegiatan bernilai positif yang dapat meningkatkan literasi bagi para pelajar.

 

“Anak-anak tidak hanya belajar didalam kelas, diluar pun mereka juga diharapkan mampu menggali informasi, melalui kompetensi yang perlu mereka miliki khusus pengembangan pengetahuan,” jelas Yusriansyah.

 

Adapun puluhan peserta yang mengikuti kegiatan ini melibatkan dari 28 SMP Negeri dan 3 SMP Swasta yang ada di Kabupaten HSU.

 

Salah satu peserta, Kayla Rizka Azzia, siswi SMP Negeri 2 HSU Amuntai Selatan, mengaku senang dapat mengikuti kegiatan kali ini untuk menambah ilmu dan wawasan sembari menambah pertemanan baru.

 

” Yang pasti semakin menambah ilmu pengetahuan, bagaimana reportase jurnalistik itu,” sampainya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait