Besok, Pemko Banjarmasin tampilkan gelaran Seni Budaya Internasional

Teks foto : Panggung International Performing Art (BIPA) 2023 disiapkan dikawasan halaman Balai Kota Banjarmasin.

BANJARMASIN, kalselpos.com– Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) setempat, pada Senin (4/9/23) akan menggelar Banjarmasin International Performing Art (BIPA) 2023.

Even berkelas internasional menghadirkan para pelaku Seni dari beberapa Negara, Komunitas Seni dari beberapa Kabupaten/Kota dalam Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Luar Provinsi Kalsel.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Kebudayaan, Disbudporapar Kota Banjarmasin, Zulfaisal mengatakan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 5 September 2023 di Halaman Balai Kota Banjarmasin.

“Jadi rencananya ada 5 negara yang berpartisipasi termasuk Malaysia dan Singapura,” ujar Zulfaisal, Minggu (03/09/23).

Adapun penyelenggaraan BIPA ini kata dia digelar sesuai visi dan misi Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Yakni kegiatan seni budaya bersifat nasional dan internasional.

“Banjarmasin ini, sepanjang sejarah belum pernah ada kegiatan seni budaya yang bersifat internasional, jadi itu dasarnya,” katanya.

Lantas, gelaran ini kata dia merupakan gelaran internasional perdana di Kota Seribu Sungai, termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Jadi rencananya background acaranya gedung Balai Kota Banjarmasin karena itu ikonik, dengan panggung 8×16,” terangnya.

Diketahui, Banjarmasin International Performing Arts (BIPA) adalah pagelaran maha karya seni bertaraf International yang menampilkan penari, pemusik dan pemain teater dari Indonesia dan Manca Negara yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di Tahun 2023 ini.

BIPA merupakan konsep adapatasi dari Solo International Performing Arts “SIPA”. Keindahan pergelarannya akan menawarkan beragam seni pertunjukan dari berbagai belahan dunia sehingga menjadi pertukaran kolaborasi, kreatifitas pelaku seni di Provinsi Kalimantan Selatan Khususnya Kota Banjarmasin

Sementara itu, maskot BIPA 2023, Gita Kinanthi Purnama Asri menyampaikan bahwa sepanjang mata memandang, Banjarmasin belum memiliki event laiknya SIPA.

“Maka berbekal perjalanan panjang setahun yang lalu, melalui BIPA, kami berkeinginan agar Banjarmasin bisa mendunia bersama karya seni,” tandasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait