Jepang terus dukung Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19

Kenji Kanasugi Duta Besar Jepang untuk Indonesia saat pegang dokumen serah terima bantuan vaksin covid-19.(ist)(kalselpos.com)

kalselpos.com -Kedutaan Besar Jepang di Jakarta dalam keterangan tertulisnya menyebut bantuan vaksin covid-19 untuk indonesia sebagai bagian dari 2.800 oksigen konsentrator yang diadakan dengan menggunakan skema bantuan hibah darurat senilai 5,6 juta dolar AS (sekitar Rp81,4 miliar) yang telah diumumkan pada 20 Juli 2021.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji berharap bantuan vaksin dapat membantu Indonesia menekan laju penularan Covid-19 serta mempererat kemitraan antara kedua negara.

Bacaan Lainnya

“Bantuan ini untuk mendukung penanganan covid-19 di Indonesia yang merupakan mitra strategis bagi Jepang,” kata Kedubes Jepang.

Jepang akan terus mendukung upaya Indonesia dalam menekan penularan dan mengatasi pandemi covid-19.

Pemerintah Jepang melalui kerja sama dengan United Nations Office for Project Services (UNOPS) menyumbangkan 450 konsentrator oksigen untuk penanganan covid-19 di Indonesia yang telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (1/9/21).

Sebelumnya 500 konsentrator oksigen yang telah diberikan oleh Jepang pada 29 Agustus lalu.

“Total 950 oksigen konsentrator telah tiba di Indonesia,” sebutnya.

Selain bantuan alat kesehatan, pemerintah Jepang juga telah memberikan 2,1 juta dosis vaksin covid-19 bagi Indonesia melalui mekanisme berbagi dosis (dose-sharing).

Vaksin covid-19 AstraZeneca itu dikirim dua kali yaitu sebanyak 998.400 dosis pada 1 Juli 2021 dan sisanya 1.162.840 dosis pada 15 Juli 2021.

Pengiriman bantuan vaksin dari Jepang merupakan hasil dari komunikasi intensif antara Menlu Indonesia dan Menlu Jepang yang berfokus pada isu dose-sharing vaksin.

 

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait