47 Sekolah di HSU Diberikan Izin Pelaksanaan PTM

  • Whatsapp
Plt Kepala Disdikbud HSU, H. Junaidi Gunawan.(ist)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas kembali dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memberikan surat edaran kepada 47 sekolah yang telah memberlakukan PTMT sejak, Senin 30 Agustus 2021 lalu

Meski mendapatkan izin PTMT, namun ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan pihak sekolah.

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Disdikbud HSU, H. Junaidi Gunawan mengatakan, sekolah yang telah mendapat rekomendasi dari Satgas Covid 19 bisa kembali melaksanakan PTM terbatas dengan berbagai ketentuan.

Dirinya menjelaskan, pihak sekolah harus melakukan pembagian waktu masuk sekolah menggunakan shift hari dan memberlakukan pembatasan jam belajar mengajar untuk PAUD dan SD dari jam 08.00 hingga jam 10.00 Wita, sedangkan untuk jenjang SMP dari jam 08.00 hingga jam 11.00 Wita. Pembagian tugas mengajar akan diatur oleh masing-masing kepala sekolah,” terangnya, Kamis (2/9).

Sementara itu, pembagian jumlah siswa perkelas paling banyak 5 orang untuk PAUD dan 10 orang untuk SD dan SMP, dimana seluruh kegiatan di lingkungan sekolah wajib menjalankan protokol kesehatan atau 5 M.

Dirinya juga mengimbau, kepada seluruh guru dan tenaga pengajar untuk memberikan bimbingan dan memberikan contoh kepada siswa dalam pemakaian masker yang baik dan benar, orangtua yang mengantar atau menjemput anak hanya diperbolehkan hingga pagar sekolah.

“Satuan pendidikan aktif dalam menerapkan Satgas Internal dan mendapat pantauan dari satgas penanganan covid-19 Kabupaten. Bagi sekolah yang belum memberlakukan PTM terbatas atau masih melakukan proses belajar mengajar menggunakan sistem daring atau daring yaitu kunjungan ke kelompok kecil atau kunjungan ke rumah siswa,” ujarnya.

Disisi lain, terkait penegakan Protokol Kesehatan di masyarakat dan warung-warung. Pihak Satuan Polisi Pamong Praja dan tim Satgas Covid-19 HSU melakukan giat disiplin atau Yustisi.

Pelaksana tugas Kepala Satpol PP HSU Jumadi menyampaikan, pihaknya melakukan giat Yustisi Rabu malam dan Kamis pagi tadi, dengan sasaran warung, cafe dan tempat berkerumun orang banyak.

“Kami memberikan himbauan tentang Protokol Kesehatan Covid-19 dan melakukan penguraian terhadap masyarakat yang berkerumun, seperti daerah Sungai Malang dan Kebun Sari, serta HSU telah masuk PPKM level 3 dan sosialisasi terkait Vaksinasi,” imbuhnya.

Di pagi hari tadi, pihak Satpol PP juga melakukan operasi Yustisi dengan sasaran wilayah perekonomian di Desa Muara Tapus, Banyu Tajun Pangkalan dan Desa sepanjang jalan menuju batas Kota HSU-HST. Pihaknya juga melakukan monitoring ke sekolah-sekolah yang melaksanakan PTMT.

“Saat operasi berjalan lancar termasuk ke monitoring sekolah PTMT tadi. Namun saat Rabu malam kami melakukan tindakan kepada warga yang melanggar Protokol Kesehatan Covid-19 sebanyak 19 orang dengan saksi fisik dan 2 tempat usaha kami beri teguran lisan,” pungkasnya. (ayt)

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.