Polres Tapin Turut Laksanakan Penanaman Sejuta Pohon

Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto melakukan penanaman sejuta pohon serentak program Penghijauan Polda Kalsel.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Upaya untuk menyelamatkan kondisi alam dari fenomena perubahan iklim terjadi saat ini, Kepolisian Resort Tapin, TNI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tapin melakukan penanaman satu juta pohon serentak bersama Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan bertempat Mako Polres Tapin. Jumat (20/8) pagi.

Bacaan Lainnya

Penananam satu juta pohon dimulai oleh Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto menanam pohon sawo, kemudian Ketua DPRD Tapin H Yamani menanam pohon rambutan, Perwakilan Kejari Tapin Kasi Pidum, Herman Indrasakti SH MH menanam pohon rambutan, Perwakilan dari Kodim 1010 Tapin, Kapten INF Sukirno Hadi menanam pohon rambutan.

Selanjutnya diteruskan para jajaran polres Tapin dan undangan lainnya melakukan penanaman pohon.

Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto mengatakan, penananam sejuta pohon ini dalam rangka program penghijauan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan tahun 2021.

“Jadi penanaman sejuta pohon dilakukan serentak di wilayah hukum Polda Kalsel termasuk kita di Kepolisian Resort Tapin melakukan hal yang sama bersama bersama Forkopimda, steakholder dan masyarakat, “ jelasnya.

Dikatakannya bahwa tujuan dilaksanakannya penanaman pohon ini merupakan wujud nyata atau implementasi dari kepedulian terhadap lingkungan terkait perubahan iklim yang berdampak terhadap pemanasan global.

Perubahan iklim menempati posisi paling atas sebagai penyebab musibah global, seperti bencana alam, cuaca ekstrem krisis pangan dan air bersih hilangnya keanekaragaman hayati dan runtuhnya ekosestem di seluruh dunia.

Tak luput dari ingatan kita bersama pada awal tahun 2021 yang lalu di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Kalimantan selatan sendiri mengalami musibah banjir.

“Melihat dampak tersebut, pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan kondisi alam salah satunya melalui penghijauan lingkungan dengan menggalakkan gerakan menanam pohon, “ ujarnya.

Berharap kegiatan penanam pohon ini bukan sekedar kegiatan serimonial semata jangan hanya menanam menanam tapi juga merawatnya.

“Oleh karenanya berharap semua unsur yang terlibat agar aktif memelihara dan melestarikan pohon yang kita tanam dan terus melaksanakan penghijauan dimulai dari tempat tinggal dan lingkungan, sehingga dapat memebrikan manfaat bagi anak cucu kita dimasa yang akan datang, “ harapnya.

Adapun pohon yang ditanam sebanyak 2.000 pohon dengan berbagai jenis tanaman pohon peneduh dan buah-buahan.

Dipilihnya jenis pohon buah-buahan dengan maksud selain untuk menjaga iklim dan ekosistem juga untuk mengedukasi kepada masyarakat bahwa menanam pohon itu banyak manfaat dan hasil yang akan didapat.

“Selain menjaga ekosistem lingkungan juga hasil buahnya nanti dapat menjadi vitamin bagi imun tubuh dan bisa bernilai ekonomi,dapat menambah pendapatan masyarakat,”tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Tapin, H. Yamani mengatakan pihaknya sangat mendukung program penanaman sejuta pohon yang dilaksanakan oleh Polres Tapin ini, karena ini sebuah langkah konkrit untuk menjadikan alam menjadi lebih baik.

“Mudah-mudahan pohon yang ditanam dapat tumbuh subur dan dapat merubah perbaikan iklim yang ada di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan dan Indonesia, “ tutupnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait