Demplot Multi Hortikultura Desa Jingah Babaris Berhasil

  • Whatsapp
Salah satu warga memetik hasil tanaman di demplot multi hortikultra Desa Jingah Babaris.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tapin dan Bank Kalsel ciptakan Ciptakan Demplot Multi Kumoditas Hortikultura di lahan milik Desa Jingah Babaris Kecamatan Tapin Utara. Untuk kedepannya bisa dijadikan pilot project untuk petani Kabupaten Tapin.

Demplot Multi Kumoditas Hortikultura di Desa Jingah Babaris ditanam berbagai tanaman sayuran yang sudah berhasil di panen seperti tanaman sayuran timun, kancang Panjang, jagung, Papari sementara masih ada tanam lainnya yang belum di panen seperti semangka dan tanaman lainnya.

Bacaan Lainnya

Pembuatan demplot multi kumoditas dari Bank Kalsel melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bekerjasama dengan BUMDes Maju Bersama Desa Jingah Babaris Kecamatan Tapin Utara.

Kepala Devisi Kredit Bank Kalsel Kantor Pusat, Izhar mengatakan, pembuatan demplot multi hortikultura di lahan Desa Jingah Babaris ini di buat sejak bulan April lalu dan saat ini sudah membuahkan hasil.
“Seperti yang kita lihat bersama demplot multi komuditas hortikultura sudah di tanami berbagai macam tanaman sayuran dan berhasil dipanen salah satunya timun mampu menghasilkan 150 kg, “ ungkap Izhar kepada sejumlah wartawan sabtu (31/7) kemarin di Di Desa Jingah Babaris.

Program ini adalah salah satu bentuk program CSR Bank Kalsel bidang pemberdayaan masyarakat yakni pertanian dengan memberdayakan warga Desa Jingah Babaris Kec Tapin Utara dan juga sebagai dukungan terdapat program pemerintah Kab Tapin dalam peningkatan kualitas keluarga daerah Desa Jingah Babaris.

“Demplot multi hortikultura agar Desa Jingah Babaris maju dan berkembang dan harapannya nanti tempat ini bisa dijadikan bahan edukasi masyarakat, “ harapnya.

Kedpean kegiatan ini dilahan ini tidak dibuat demplot pertanian saja tetapi juga ada ternak ikan, ayam dan kambing.

Sementara itu, Konsultan Pertanian Perbenihan Bogor, Cecep Sadikin mengatakan, pembuatan demplot multi komuditas hortikultura ini berawal dari percobaan menggunakan lahan yang kurang produktif yang ada di desa Jingah Babaris.

“Saya selaku consultan pertanian mencoba merubah Lahan kurang produktif atau yang tidak terpakai, kita rubah menjadi sebuah lahan yang menghasilkan beragai macam jenis tanaman baik hortikultura dan pangan lainnya, “ ungkapnya.

Kedepan kita coba mengolah lahannya lagi dengan tekhnologi varites terbaru dari Indonesia farming 2020 bekerjasama dengan Asosiasi Bank Benih dan tegnologi Tani Indonesia di Bogor.

Sementara Pemerintah Kab Tapin diwakili Camat Tapin Utara Rini Yusnita, atas nama pemerintah Kab Tapin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bank Kalsel dan Konsultan Pertanian Perbenihan Bogor yang telah membantu para petani di Desa Jingah Babaris, menciptakan sebuah demplot multi hortikutura dan mampu menghasilkan berbagai macam tanaman sayuran.

“Mudah-mudahan adanya demplot multi hortikultura di Desa Jingah Babaris menjadi pilot projek di Kabupaten Tapin, “harapnya.
Kedepan tentunya Pemerintah Kecamatan Tapin Utara akan terus mengawal dan mendukung tidak hanya sampai disini saja terus menerus.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.