Data bulan Juni, 50 % Pendistribusian Pupuk Subsidi telah Terserap Petani

Batulicin,kalselpos.com – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional, Kementerian Pertanian RI melalui Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) memberikan pupuk bersubsidi kepada para petani.

Faurazi Akbar, Kadis Pertanian Tanahbumbu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Faurazi Akbar, melalui Kabid Pupuk, Pestisida dan alat mesin, Sapta Huzaifah kepada kalselpos.com menyampaikan, dalam pelaksanaan pendistribusian ini dicanangkan prinsip 6 T yakni, tepat jenis, tepat jumlah, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu dan tepat mutu.
Dijelaskannya, di wilayah provinsi Kalimantan Selatan ada dua kecamatan yang tidak mendapatkan pupuk subsidi yakni Kecamatan Sungai Loban Tanah Bumbu dan satu kecamatan di wilayah Kabupaten Banjar.
“Kedua kecamatan tersebut tidak mendapatkan jatah pupuk pertanian bersubsidi lantaran tidak memiliki area pertanian,” ujar Sapta Huzaifah, kepada kalselpos.com, Selasa (4/8).


Sementara untuk Tanbu, ada sembilan kecamatan yang mendapatkan pupuk bersubsidi seperti, Kecamatan Simpang Empat, Batulicin, Kusan Hilir, Kusan Hulu, Satui, Kuranji, Mentewe dan Kecamatan Karang Bintang.
Adapun jenis dan jumlahnya ungkap Sapta, Tanbu mendapatkan pupuk seperti, pupuk urea sebanyak 2.761 ton, Pupuk NPK sebanyak 4.425 ton, Pupuk ZA sebanyak 650.00 Ton, Pupuk SP36 sebanyak 345 ton dan pupuk organik sebanyak 180 ton terbagi di sembilan kecamatan.
“Alhamdulillah terhitung Januari hingga Juni sudah mencapai angka rata rata 50 % berhasil didistribusikan dan terserap oleh para petani setempat sesuai hak keperuntukannya,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Kristiawan
Editor : Aspihan Zain