Disnakertrans Kotim Gelar Job Fair 2024

Teks foto: Bupati Kotim Halikinnor saat membuka pameran bursa kerja bertajuk "Kotim Job Fair 2024" di Citimall Sampit pada 6-8 Juli 2024. (Foto: Istimewa/Diskominfo Kotim)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar pameran bursa kerja bertajuk “Kotim Job Fair 2024” di Citimall Sampit pada 6-8 Juli 2024.

Bupati Kotim Halikinnor mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian semua pihak untuk turut berkontribusi dalam menanggulangi masalah pengangguran.

Bacaan Lainnya

“Tantangan pembangunan ketenagakerjaan untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045 di antaranya bonus demografi di era industri 4.0 dan distrupsi terhadap hubungan kerja dan pasar kerja,” kata Halikinnor, Sabtu (6/7).

Menurut Halikinnor, pencapaian visi Indonesia Emas 2045 membutuhkan tenaga kerja yang cakap secara teori dan praktikal, dengan keahlian sosial, kreatif, kemampuan memecahkan masalah kompleks, dan kalibrasi dengan digitalisasi serta analisis big data.

Ketidaksiapan terhadap fenomena konvergensi teknologi informasi akan menimbulkan efek negatif terhadap tingginya tingkat pengangguran terbuka (TPT). Di Kotim, TPT tahun 2023 sebesar 4,77% (10.124 jiwa), meskipun menurun dari tahun 2022, masih lebih tinggi dari Kalimantan Tengah 4,10 %.

“Tingginya pengangguran di kalangan lulusan SMK/SMS menunjukkan pentingnya penyesuaian antara pendidikan dan kebutuhan pasar kerja,” sebut Halikinnor.

Kondisi realita struktur angkatan kerja di Kotim mengharuskan kita untuk mampu mengurai permasalahan dan isu-isu serta upaya antisipatif terhadap implikasi konvergensi teknologi, melalui re-desain kebijakan dan strategi ketenagakerjaan yang adaptif, resiliensi, dan inklusif.

Kebijakan tersebut meliputi transformasi pendidikan dan pelatihan vokasi; optimalisasi sistem informasi dan layanan pasar kerja; perluasan kesempatan kerja; jaminan sosial dan perlindungan tenaga kerja yang adaptif; serta hubungan industrial yang harmonis.

Pelaksanaan kegiatan Kotim Job Fair 2024 yang digelar selama tiga hari, merupakan program pemerintah daerah berkolaborasi dengan BUMN/BUMD dan swasta untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan melalui peningkatan penempatan tenaga kerja.

Penempatan tenaga kerja melalui proses dan keterbukaan informasi pasar kerja seperti job fair ini akan memberi harapan dan ruang bagi pencari kerja lokal untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan kesempatan kerja sesuai bakat, minat, dan kompetensi yang dimiliki.

Melalui job fair ini, pemerintah hadir memfasilitasi pertemuan para pencari kerja dengan perusahaan, pemerintah membantu perusahaan mendapatkan kandidat tenaga kerja berkualitas dan profesional.

“Dalam momen ini, Disnakertrans harus melakukan pemetaan industri potensial dan identifikasi jabatan yang dibutuhkan, serta meningkatkan peran dan fungsi pengantar kerja dalam layanan perluasan kesempatan kerja,” pungkas Halikinnor.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait