Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotabaru gelar Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Teks : Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), Jumat (5/7/2024).(kalselpos.com)

Kotabaru, kalselpos.com – Asisten III Sekda Bidang Administrasi Umum Khairul Aswandi membuka secara resmi kegiatan pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotabaru, Jumat (5/7/2024) pagi.

 

Bacaan Lainnya

Tampak hadir di kegiatan ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotabaru, Kamirudin, Staf Ahli Bupati, Kepala SOPD yang terkait, dan tamu undangan lainnya.

 

Dalam kesempatan itu Asisten III Sekda Khairul Aswandi dalam.sambutannya mengatakan, gerakan nasional sadar tertib arsip merupakan komitmen atau wujud pemerintahan dalam pengelolaan tata kearsipan, persuratan atau arsip yang teratur terpelihara dengan baik dan aman sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

 

“Arsip berfungsi sebagai pusat ingatan, sumber informasi dan alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap pemerintah, dalam rangka kegiatan perencanaan, penganalisaan, pengembangan, perumusan kebijakan untuk mengambil keputusan, pembuatan laporan pertanggung jawaban untuk suatu penilaian dan pengendalian suatu kegiatan,” ucapnya.

 

Senada dengan itu Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kotabaru Kamirudin juga mengatakan, acara ini terselenggara sesuai dengan aturan perundang-undangan kearsipan dan peraturan Bupati, dengan harapan arsip akan tertata dan terkelola dengan baik sesuai pencanangan gerakan nasional sadar tertib arsip hari ini.

 

“Tentunya kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan tata kearsipan yang teratur, terpelihara dengan baik dan aman sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan,” pungkasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait