Presiden RI kunjungi Kalteng, Listrik PLN hadir Tanpa Kedip

Teks foto []istimewa TINJAU PASAR - Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan di Pasar Temenggoeng Djaja Karti, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, pada Kamis, 27 Juni 2024 lalu.(kalselpos.com)

Banjarbaru, kalselpos.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) sukses menghadirkan listrik tanpa kedip saat kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo ke Kalimantan Tengah. Hal ini tidak luput dari persiapan matang yang dilakukan oleh PLN untuk menyambut kedatangan pemimpin Indonesia yang ketujuh ini.

General Manager PLN UID Kalselteng, Muhammad Joharifin dalam keterangannya di Banjarbaru mengatakan, lokasi-lokasi yang menjadi pusat kunjungan acara mendapatkan suplai listrik dengan pengamanan berlapis.

Bacaan Lainnya

“Untuk memastikan keamanan pasokan, PLN telah menyiapkan pengamanan suplai listrik berlapis di lokasi kunjungan kerja Presiden selama berada di Provinsi Kalimatan Tengah, dengan suplai utama dari jaringan PLN,” ujarnya pada Kamis (27/6).

Disebutkan Joharifin, pengamanan suplai listrik didukung sebanyak 135 personel siaga tersebar pada lokasi kunjungan, serta ratusan personel yang juga standby di Gardu Induk Prioritas kunjungan RI 1.

“Terdapat enam Gardu Induk yang ekstra siaga, yakni Gardu Induk (GI) Amuntai, GI Buntok, GI Palangka Raya, GI Kasongan, GI Sampit serta GI Bagendang. Kemudian, di_back up_ oleh 10 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan kapasitas 6 hingga 250 kilo Volt Ampere (kVA),” tutur Joharifin.

Selain itu, PLN juga menyiapkan sebelas unit genset mobile dengan total daya hampir 5.000 kVA yang tersebar di seluruh lokasi kunjungan, sambungnya.

PLN menerapkan siaga kelistrikan didukung petugas siaga 24 jam dan bekerja sesuai Standard Operating Procedure (SOP) serta menggunakan teknologi Automatic Transfer Switch (ATS) untuk mengamankan suplai listrik jika terjadi gangguan.

“Alhamdulillah, pasokan listrik aman tanpa kedip di seluruh titik yang dikunjungi Presiden Jokowi dan menjadi kebanggaan bagi kami dapat mengawal kunjungan kerja Presiden dan rombongan sehingga berjalan dengan lancar,” katanya.

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan dua hari ke Kalteng pada 26-27 Juni 2024 didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi serta Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.

Kehadiran presiden adalah untuk meresmikan Pembangunan, Rehabilitasi, dan Renovasi Sarana Pendidikan Gedung Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Selanjutnya menyapa warga di Palangka Raya Mall dan meninjau stok beras serta menyerahkan bantuan cadangan pangan di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah tersebut yang berlangsung pada Rabu (26/6).

Ia juga berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan bantuan pompa untuk pengairan sawah dan pertanian (pompanisasi) di Desa Bapeang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Jokowi juga meninjau kondisi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kasongan dan RSUD Tamiang Layang serta memberikan bantuan beberapa peralatan medis modern. Ia juga mengecek harga kebutuhan masyarakat di Pasar Pata Katingan, Pasar Temenggoeng Djaja Karti Barito Timur, juga Pasar Beringin di Buntok sebelum kembali ke Jakarta.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait