Nobatkan Putra Putri Sasirangan 2024, Ibnu Sina: Muda Mudi Banjarmasin kian bangga Budaya Lokal

Teks foto : Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Ketua Dekranasda Siti Wasilah, berfoto bersama pemenang Putra Putri Sasirangan Kota Banjarmasin tahun 2024.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Siti Wasilah menobatkan Pemenang Putra Putri Sasirangan Kota Banjarmasin tahun 2024, yang berlangsung di salah satu Mall di Banjarmasin. Sabtu (29/06) malam.

 

Bacaan Lainnya

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengucapkan selamat kepada para Putra Putri Sasirangan Kota Banjarmasin yang terpilih dalam acara malam puncak yang digelar. Para pemenang itu akan menjalankan tugas selama satu tahun ke depan untuk mempromosikan pariwisata dan kain sasirangan khas Banjarmasin.

 

“Selamat sukses untuk para Putra Putri Sasirangan Kota Banjarmasin yang malam hari ini sudah terpilih. Mereka bertugas setahun ke depan dalam rangka mempromosikan pariwisata, mempromosikan Sasirangan, dan menjadi Duta Promosi Kota Banjarmasin,” ujar Ibnu Sina.

 

Ia berharap agar generasi muda, khususnya para duta terpilih, dapat meningkatkan kecintaan terhadap Sasirangan,

 

“Bersama-sama dengan Duta promosi lainnya, diharapkan dari anak-anak muda ini, mereka paling tidak dengan teman sebaya atau generasi milenial lebih mencintai Sasirangan,” ungkapnya.

 

Kain sasirangan sendiri telah mendapatkan sertifikat indikasi geografis dari Kalimantan Selatan, dan menurut Ibnu Sina, hal ini menjadi tanggung jawab bersama untuk melestarikan dan membudidayakan kain tradisional tersebut.

 

“Tugas kita lah untuk melestarikannya, membudidayakannya, dan mencintai sasirangan. Oleh karena itu, kita bangga anak-anak muda sekarang sudah tidak malu lagi dan kemudian bangga bersasirangan,” katanya.

 

Sementara itu, Aizhar Ahmadinejad dan Naila Almira terpilih menjadi putra-putri sasirangan tahun 2024. Mereka berhasil menyingkirkan sembilan pesaing lainnya, pada grand final putra-putri sasirangan di Atrium Duta Mall, Sabtu (29/6/2024) malam.

 

Aizar mengaku sangat bersyukur karena terpilih sebagai putra sasirangan. Ia pun bertekad, akan membawa warisan budaya banjar ini ke kancah dunia.

 

“Kita yakin, seluruh pemuda itu punya potensi untuk berkembang dan menduniakan kain sasirangan,” ujarnya.

 

Senada dengannya, Nayla pun mengaku merasa senang setelah berjuang sampai titik ini. Meskipun dirinya mengaku bukanlah pemudi asli Kalsel, akan tetapi dapat mengharumkan nama daerah asalnya Kalimantan Timur di Kalsel, yakni dengan menjadi duta sasirangan.

 

“Tidak disangka juga, karena saya bukan asli di Kalsel. Tapi Alhamdulillah jadi duta sasirangan di Kalsel,” tandasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait