Syukuran Panen Raya Padi Bersama Pj Bupati Tapin dan Forkopimda

Teks foto Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin bersama Pimpinan Muspida Tapin dan Pemprov Kalsel syukuran dan panen raya padi di lahan Pertanian Harapan Masa Kab Tapin.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Syukuran dan Panen Raya Padi bersama Penjabat Bupati Tapin M Syarifuddin MPd di Kelompok Tani Sumber Hidup desa Harapan Massa, Kecamatan Tapin Selatan, Jumat (10/05). Kemarin pagi

Syukuran panen raya dilakukan dengan dua cara pertama manual menggunakan pisau aret kedua dengan mesin panen dilakukan secara bersama-sama oleh Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, Perwakilan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalsel yang diwakili Zainul Arifin SP, Sekretaris Dinas Pertanian Tapin Herman Cahyono SHut, Dandim 1010 Tapin Letkol Arh Pryoni Palebangan, Wakapolres Kompol Rainhard Maradona dan Asmintum H Fiqri Irmawan SSTP, Camat Tapin Selatan Riza Al-Ghifari.

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dalam sambutannya menyampaikan syukuran dan panen raya padi dalam rangka memberikan motivasi dan dorongan kepada petani untuk terus semangat dalam bercocok tanam padi.

“Panen raya padi bersama ini sebagai bentuk syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia dan limpahan rahmatnya sehingga para petani kita bisa panen padi dengan baik, “ucapnya.

Saya merasa bangga para petani kita sebagian sudah ada yang tanam padi 2 kali bahkan ada yang sampai 3 kali dalam setahun, ke depan harus kita pertahankan dan tingkatkan.

Menurutnya Tapin sebagai salah satu kabupaten pintu gerbang IKN, tentunya merupakan sebuah tantangan dan peluang, bahwa kita harus mampu memaksimalkan potensi dan sumber daya seluruh komponen, tidak hanya pertanian tetapi juga sektor lain.

“Dengan adanya bendungan Tapin dan irigasi Linuh tentunya suatu saat nanti seluruh potensi lahan sawah irigasi dapat menjadi kawasan padi dan tanaman lain sehingga nantinya berdampak pada kesejahteraan para petani dan masyarakat Tapin, “katanya.

Pada kesempatan baik ini saya berpesan kepada jajaran dinas pertanian baik petugas kabupaten maupun petugas di lapangan agar serius ikhlas dan sungguh-sungguh dalam membantu memperjuangkan dan mengawal kepentingan para petani jangan sampai diam.

“Jangan sampai kita berdiam tanpa berbuat , sementara para petani kita membutuhkan uluran bantuan dari kita, “pesan Pj Bupati Tapin mengakhiri sambutan.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tapin diwakili Sekretarisnya Herman Cahyono melaporkan, syukuran dan panen raya padi di Lahan Pertanian Desa Harapan Masa Kecamatan Tapin Selatan yang merupakan salah satu desa sentra padi di Kecamatan Tapin Selatan. Potensi tanam padi 2 kali dalam setahun (IP200) dengan dukungan saluran irigasi Tapin.

Panen Raya Padi di Kelompok Tani Sumber Hidup Desa Harapan Masa Kecamatan Tapin Selatan dengan luas lahan 13 borongan (0,37) hektar dengan varitas padi Siam sarindit.

“Panen raya padi dengan luas hamparan sekitar 300 hektar dengan hasil ubinan 8,32 Ton per Hektar, “ujarnya.

Adapun realisasi komoditi padi per 9 mei 2024 Kabupaten Tapin dapat merealisasikan tanam 40.844 hektar dari sasaran 38.220 hektar atau 80,7 persen terealisasi. Sementara realisasi panen 9.636 hektar dari sasaran 37.477 hektar atau baru 25,71 persen.

Sementara produktivitas 5,345 ton perhektare dari sasaran 5.125 ton per hektar atau 104,29 persen. Produksi 51.504 ton dari sasaran 192.070 ton atau 26,82%.

“Diharapkan puncak panen akan terus naik mulai pertengahan bulan mei sampai Agustus 2024, “katanya.

Selanjutnya usai melakukan panen raya, tanya jawab antara petani dengan para penjabat pemerintah Provinsi Kalsel dan Pemerintah Kab Tapin serta Forkompinda Tapin terkait masalah pertanian.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait