Sebanyak 58 Pasangan Pengantin Ikuti Itsbat Nikah Massal

Teks foto .Pj Bupati Tapin M Syarifuddin jadi saksi pernikahan setelah melalui itsbat nikah massal tahun 2023.(ist)

Rantau, kalselpos.com – Sebanyak 58 pasang pengantin ikuti itsbat nikah dalam rangkaian hari Jadi Kabupaten Tapin ke 58 tahun 2023. Selasa (28/11) bertempat Pendopo Galuh Bastari Kawasan Rantau Baru.

Peserta Isbat Nikah terlebih dahulu mengikuti proses Itsbat Nikah melalui Pengadilan Agama Negeri Rantau, setelah diputuskan oleh Hakim selanjutnya pasangan pengantin melakukan nikah yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Urusan Agama di wilayah pengantin bersangkutan yang menjadi saksi langsung Penjabat Bupati Tapin M Syarifuddin dan Sekretaris Daerah Tapin Sufiansyah.

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Tapin M Syarifuddin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pengadilan Agama Tapin yang telah melaksanakan kegiatan Itsbat nikah dan juga kantor Kementrian Agama Tapin untuk pelaksanaan nikah kembali pasangan pengantin yang sudah mengikuti Istbat nikah.

“Kegiatan Istbat Nikah ini tentunya sangat membantu masyarakat kami dalam mendapatkan sebuah keluarga yang di akui hukum baik secara agama dan aturan undang-undang, sehingga pasangan pengantin dapat memiliki buku akta nikah yang resmi, “jelas Pj Bupati Tapin.

Dengan nikah isbat ini sebagai pencerahan bagi masyarakat, dengan harapan warga masyarakat tidak ada lagi yang tidak tercatat dan memiliki dokumen resmi pernikahan secara administrasi, tentunya kedepan anak- anak tidak ada hambatan untuk sekolah dan untuk keperluan administrasi lainnya.

“Pasangan yang menikah sebelumnya menikah siri dan mengikuti isbath nikah di pengadilan agama dan dilanjutkan dinikahkan kembali oleh KUA baru mendapatkan buku akta nikah tentunya dapat digunakan pasangan pengantin untuk berbagai macam keperluan “katanya.

Oleh karenanya pada kesempatan ini, Pj Bupati Tapin berpesan kepada para peserta nikah massal agar dapat menginformasikan kepada masyarakat agar dapat mencegah bersama sama pernikahan dini, karena pernikahan dini memiliki dampak yang sangat besar bagi pasangan, seperti permasalahan ekonomi, emosional dan pola pikir.

 

“Kepada pasangan pengantin yang mengikuti Isbat Nikah ini, agar bisa menginformasikan kembali ke wilayah masing-masing agar tidak ada lagi terjadi pernikahan siri dan menikahlah dengan resmi sesuai hukum agama dan aturan berlaku, “ pinta Pj Bupati Tapin.

 

Adapun peserta Istbat Nikah sebanyak 58 pasangan diambil dari 12 kecamatan di Kabupaten Tapin sesuai dengan HUT ke 58 Kabupaten Tapin tahun 2023. Adapun pasangan pengantin yang termuda dari Candi Laras Selatan berusia 19 tahun pasangan Masud dan Rabiatul Adawiyah dan tertua dari Kecamatan Tapin Utara berusia 61 Tahun pasangan Muhammad Aini dan Siti Aminah.

Usai melaksanakan nikah, Pj Bupati Tapin dan Pj Ketua PKK Tapin memberikan bingkisan kepada semua pasangan pengantin yang mengikuti istbat nikah.

Turut hadir Kepala Pengadilan Agama Tapin Drs H Junaidi, Kepala Kantor Kementrian Agama Tapin, Ketua MUI KH. Hamdani, Pj Ketua PKK Tapin Masrupah, Ketua Gatriwara Hj Faridah Yamani dan Ketua DWP Tapin Mashuriyah serta Kabag Kesra Setda Tapin.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait