Tingkatkan Minat Baca, Dispersip Batola Gelar Talkshow Literasi

Teks foto Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Barito Kuala menggelar talkshow literasi di halaman Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Barito Kuala, Senin (27/11).(ist)

Marabahan,kalselpos.com – Guna meningkatkan minat baca pelajar dan masyarakat di Kabupaten Batola, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Barito Kuala menggelar talkshow literasi di halaman Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Barito Kuala, Senin (27/11).

Talkshow Literasi diikuti puluhan siswa dan siswi SMA 1 Marabahan, Talkshow literasi dibuka Pj Bupati Batola diwakili Sekretaris Daerah Batola, juga Bunda Literasi Barito Kuala Suharyanti Mujiyat dan menghadirkan sejumlah orang penulis.

Bacaan Lainnya

Digelarnya Talkshow tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat gemar membaca dan juga gemar menulis. Bunda Literasi Barito Kuala mengapresiasi upaya Dispersip Batola ini untuk meningkatkan budaya literasi. Pasalnya, indeks literasi di Batola terbilang masih cukup rendah.

Bunda literasi berharap kegiatan ini diintensifkan melalui beberapa program lain seperti lomba puisi atau lomba menulis di seluruh jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA yang ada di wilayah Kabupaten Barito Kuala.

“ Ada kegiatan ini kita apresiasi karena bagaimanapun ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk mengajak dan mendorong pelajar untuk mengembalikan literasi di Batola, agar kedepannya lebih meningkat di zaman modern ini melalui hp akhirnya anak-anak mengabaikan dengan kegiatan ini kita mengajak anak-anak supaya menikmati membaca dan menulis,” kata Suharyanti Mujiyat.

Sekretaris daerah kabupaten Batola Zulkipli Yadi Noor, mengharapkan, agar seluruh sekolah juga membudayakan kegiatan membaca di perpustakaan sebelum memulai pembelajaran atau disaat waktu luang.

“Kegiatan ini diharapkan bisa kita tingkatkan lagi ini kan hanya fokusnya Marabahan seperti saat ini, jadi di kecamatan lain di Batola juga dilibatkan supaya literasi di Batola semakin baik dan kegiatannya lebih variatif,” jelasnya Zulkipli Yadi Noor.

Kadispersip Batola Siti Aminah, mengatakan, Kita meningkatkan pengunjung perpustakaan minat baca masyarakat di Batola dalam rangka meningkatkan indeks literasi masyarakat di Batola, yang mana terbilang masih rendah, semoga dengan adanya Talk Show literasi di Batola bisa meningkat tapi alhamdulillah 2023 sudah mulai ada peningkatan.

Salah seorang pelajar peserta Talkshow Literasi dari pelajar SMAN 1 Marabahan, Syarif Hidayat, mengapresiasi kegiatan talk show literasi karena dapat memberikan edukasi dan informasi tentang pentingnya literasi bagi generasi muda di Barito Kuala.

Dalam kesempatan ini, turut dinobatkan duta baca Dispersip Kabupaten Batola tahun 2023 oleh bunda literasi. dua kepala desa yakni Desa Beringin dan Desa Sungai Pitung juga mendapatkan bantuan secara simbolis dari pihak Gramedia untuk program literasi desa.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait