Peringatan HAN 2023 Dibarengi Pengukuhan Forum Anak

Teks foto: Peringatan Hari Anak Nasional di Kabupaten HSU diisi dengan berbagai acara yang ditampilkan. (diskominfosandi)

Amuntai, kalselpos.com – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) digelar berbarengan dengan Pengukuhan Forum Anak Kabupaten HSU Periode 2023-2025 di aula KH Idham Chalid.

Pemerintah daerah setempat, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten HSU peringati HAN 2023 dengan tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju” Kamis (03/08/2023).

Bacaan Lainnya

Rangkaian pelaksanaan peringatan HAN 2023 ini dimeriahkan beberapa penampilan seperti tarian, pantomim, puisi dari anak-anak berbagai perwakilan sekolah yang ada di HSU.

Mewakili Pejabat Bupati HSU, Adi Lesmana, selaku Sekretaris Daerah HSU mengatakan, peringatan Hati Anak Nasional (HAN) dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia Terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

“Melalui peringatan HAN ini, pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat sudah seharusnya, bersama-sama berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya,” katanya.

Saat ini, perkembangan zaman dan era globalisasi, serta pertumbuhan teknologi yang semakin canggih dan modern. Tantangan global yang dihadapi oleh anak-nak juga semakin kompleks, belum lagi pengaruh dari tindakan menyimpang yang bersifat negatif dan destruktif, seperti penyalahgunaan narkoba, obat-obatan terlarang dan obat-obatan oplosan, pergaulan bebas yang mengabaikan norma-norma sosial dan agama.

“Perlu menghadapinya dengan segala kesiapan seluruh generasi muda dan anak-anak di Kabupaten HSU, dengan menanamkan dan membekali mereka dengan nilai-nilai agama dan ilmu pengetahuan yang cukup. Kita harus cerdas dan bijaksana serta mampu memfilter berbagai pengaruh globalisasi yang negatif yang bisa merusak generasi muda,” ucap Adi Lesmana

Usai peringatan, diakhiri dengan pengukuhan Forum Anak Periode 2023-2025 oleh Sekretaris Daerah Kabupaten HSU.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait