Pemkab Tapin Laksanakan Rakor Terkait Antisipasi Bencana

Rapat koordinasi antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Kabupaten Tapin Tahun 2022-2023.(dillah)/kalselpos

Rantau, kalselpos.com– Bupati Tapin HM Arifin Arpan membuka rapat koordinasi antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Kabupaten Tapin Tahun 2022-2023. Selasa (1/11/2022) bertempat Aula Tamasa Kantor Bupati Tapin.

 

Bacaan Lainnya

Rapat koordinasi dihadiri Perwakilan Pelaksana BPBD Provinsi Kalsel, Perwakilan BMKG Provinsi Kalsel, Perwakilan Basarnas Banjarmasin, Forkompinda Kabupaten Tapin serta jajaran SOPD Lingkungan Pemkab Tapin dan jajaran BPBD Kabupaten Tapin.

 

Bupati Tapin dalam sambutannya sebelum memulai rapat mengatakan, menyambut baik diadakannya rapat antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Kabupaten Tapin Tahun 2022-2023.

“Ini sebagai langkah awal kita dalam mendeteksi dini dan mencegah serta antisipasi, bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin akan terjadinya bencana, “ jelasnya.

Berdasarkan pengalaman dan tinjauan dari aspek geogerafis Tapin memiliki potensi banjir, tanah longsor dan angin puting beliung walaupun masih dalam kategori sedang yang tidak menentu, namun kita tetap harus waspada dan siap siaga apabila sewaktu-waktu terjadinya bencana yang tidak kita inginkan bersama.

“Berharap Kabupaten Tapin tidak ada terjadi bencana, tetapi kita harus selalu siap kapanpun dimanapun karena bencana alam kita tidak tahu kapan terjadi, “ katanya.

Dikatakan Bupati bahwa penanggulangan bencana tidak hanya tanggung jawab dari BPBD saja tetapi juga tanggung jawab bersama semua pihak dan seluruh komponen masyarakat termasuk dunia usaha.

“Jika terjadi bencana maka semua instansi terkait dan siapapun itu wajib membantu baik tenaga ataupun fasilitas yang dibutuhkan, “ katanya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tapin Raniansyah mengatakan, rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan langkah serta menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dalam upaya menanggulangi setiap kejadian bencana baik bencana banjir maupun bencana lainnya.

Selain itu juga untuk mengetahui kesiapsiagaan dari instansi terkait dalam penanggulangan bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung apabila terjadi di Kabupaten Tapin.

 

“Berharap dalam pertemuan ini adanya pemahaman dan kesadaran, kepedulian dantanggung jawab bersama semua pihak tentang pentingnya upaya penanganan bencana mulai dari sebelum, saat dan sesudah terjadinya bencana, “ harapnya.

Dalam pertemuan ini mengundang sebagai naras umber yakni BMKG Stasiun Klmatologi Kelas I Kalimantan Selatan, BPBD Provinsi Kalsel dan Basarnas Banjarmasin.

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait