This is a dream together Turunkan dan Cegah Stunting

Oleh : Jumiatun, S.Sos.I

Penyuluh KB Kota Banjarbaru

Bacaan Lainnya

Jika Kinan tokoh dalam serial televisi “Layangan Putus” yang sedang viral saat ini memiliki impian sederhana ke “Cappadocia” , maka Indonesia memiliki impian besar untuk bisa menciptakan generasi bangsa yang mumpuni dalam segala bidang melalui program Penurunan dan Pencegahan Stunting.

Mempunyai keinginan dan bermimpi besar dalam setiap hal memang harus kita miliki. Bermimpi adalah keberanian yang harus kita realisasikan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Tanpa mimpi besar, bisa jadi kita berhenti memperjuangkannya saat banyak hambatan. Tanpa mimpi besar itu pula, bisa jadi kita akan melupakan impian kita dengan mudah dan menggantinya dengan hal lain yang kadang bukan termasuk hal yang prioritas.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang program apa saja yang akan dilakukan pemerintah untuk mewujudkan impian besar ini, maka penting untuk diketahui apa itu stunting?

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usia seusianya.

Kondisi tubuh anak yang pendek, seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah.

Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Kesuksesan program ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk mencapai mimpi besar ini, pemerintah berusaha maksimal melalui berbagai aspek, yaitu aspek kesehatan maupun non kesehatan. Namun, beragam program tidak akan berdampak banyak, bila tidak disertai pola pikir sehat. Untuk itu, harus ada perubahan perilaku dari masyarakat.

Pada Rapat Kabinet Terbatas tanggal 25 Januari 2021, BKKBN mendapat mandat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk berperan menjadi Ketua Pelaksana Percepatan Penurunan Stunting. Berbagai terobosan terus dilakukan oleh BKKBN agar Percepatan Penurunan Stunting dapat segera terealisasikan.

Salah satu langkah yang dilakukan BKKBN adalah dengan membentuk tim pendamping keluarga bagi keluarga yang berisiko tinggi memiliki anak stunting. Tim ini didalamnya adalah kader PKK, PPKBD dan sub PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa) serta bidan atau tenaga kesehatan yang ada di desa .

Team Pendamping Keluarga ini akan melakukan Komunikasi, memberikan Informasi, dan Edukasi (KIE) kepada calon pengantin, Ibu Hamil dan Keluarga yang memiliki Balita di lini lapangan.

Kepada calon pengantin ini, Team pendamping akan melakukan pendampingan minimal tiga (3) bulan sebelum menikah. Catin harus melakukan pemeriksaan HB, di ukur lingkar lengan atas termasuk berat badannya. Hal ini penting untuk mempersiapkan kondisi fisik calon pengantin pada saat nanti hamil.

Tim Pendamping Keluarga juga akan melakukan pendampinga bagi ibu hamil. Kader TPK ini akan memberi informasi kesehatan terkait kehamilan, memotivasi ibu untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan, serta memberikan edukasi tentang pentingnya pemenuhan gizi yang baik selama masa kehamilan.

Untuk keluarga yang memiliki Balita,
penurunan stunting terdapat hubungan erat dengan pola asuh orang tua, bukan hanya menjadi tanggung jawab seorang ibu saja, namun menjadi tanggungjawab Ayah dan Ibu.

Dengan pola asuh yang baik melalui praktek pemberian makanan sesuai kebutuhan balita, pemenuhan imunisasi, stimulasi, dan kebersihan, maka stunting sudah pasti dapat di cegah.

Semoga, dengan berbagai hal yang dilakukan ini akan mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik sehingga nantinya my dream, your dream and our dream dapat tercapai.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Komentar