Praktik Kewirausahaan lewat Pendampingan UMKM

[]istimewa PRODUK CELENGAN - Salah satu UMKM, yakni Picu Shop (@picu_id - instagram) yang menjual produk berupa celengan target, yang dapat dicustom sesuai dengan keinginan pembeli.(kalselpos.com)

Oleh : Yuliana Savira

Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

Bacaan Lainnya

USAHA Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah kegiatan usaha atau bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, maupun badan usaha kecil.

UMKM merupakan salah satu praktik bisnis yang populer di masyarakat.

Banyaknya pelaku UMKM menjadikan sektor usaha ini sebagai salah satu motor penggerak perekonomian nasional.

UMKM dianggap sebagai salah satu roda penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu, sektor ini memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

Selain itu, UMKM juga menciptakan banyak lapangan kerja yang mampu mengurangi tingkat pengangguran.

Kegiatan praktik kewirausahaan kali ini adalah melakukan pendampingan UMKM dengan memberikan pembekalan mengenai bagaimana melakukan pencatatan akuntansi dan menyusun laporan keuangan yang baik.

UMKM yang dipilih untuk melakukan pendampingan kali ini adalah Picu Shop (@picu_id – instagram), di mana Picu Shop merupakan UMKM yang menjual produk berupa celengan target dengan desain yang dapat dicustom sesuai dengan keinginan pembeli.

Pendampingan UMKM dilakukan mulai dari bulan Oktober 2021 hingga Januari 2022.

Dalam pendampingan tersebut, saya membantu pihak UMKM dalam pencatatan transaksi dengan melalui pencatatan jurnal.

Dengan menyusun jurnal akuntansi secara rutin, pelaku UMKM dapat melacak setiap transaksi bisnis yang terjadi. UMKM juga dapat mengetahui apakah bisnis mereka berada dalam kondisi yang baik secara finansial.

Selain membantu untuk membuat jurnal, saya juga membantu UMKM dalam menyusun laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba/rugi, laporan perubahan ekuitas, dan laporan posisi keuangan.

Laporan keuangan tersebut perlu dibuat oleh UMKM untuk mengetahui kondisi finansial usaha secara keseluruhan, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi UMKM itu sendiri.

Dengan adanya praktik kewirausahaan ini diharapkan UMKM yang telah di dampingi, mampu secara mandiri membuat laporan keuangannya, sehingga UMKM dapat mengetahui kondisi keuangannya.

Melalui kegiatan ini, saya dapat mempraktikan langsung teori yang telah saya tempuh dalam program studi Akuntansi dengan terjun langsung ke masyarakat melalui pendampingan UMKM, sehingga saya mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman termasuk keterampilan berwirausaha.(*)

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.