Pria tamatan SMA mampu produksi Pupuk Cair Organik

  • Whatsapp
Syahril yang hanya lulusan SMA di salah satu sekolah di Banjarmasin, saat ini mampu menciptakan pupuk cair organik berbahan alami.

Kotabaru, kalselpos.com – Tujuan yang sangat mulia di lakukan oleh seorang anak petani asal Banjarmasin bernama Syahril, lahir 26 Juni 1978.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Termotivasi dari seorang ayahnya yang adalah seorang Petani, Syahril saat ini dengan modal seadanya dia membuat eksperimen yang sangat jarang bisa di lakukan setiap manusia.

Syahril yang hanya lulusan SMA di salah satu sekolah di banjarmasin dan hanya seorang anak petani, saat ini mampu menciptakan pupuk cair organik berbahan alami dan menggunakan alat se adanya untuk meraciknya.

Di usianya yang sat ini sudah mencapai 42 th, syahril ingin sekali membantu mensejahterakan petani lewat pupuk organik yang telah dibuatnya serta bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja terkhusus warga Kalimantan Selatan.

“Rajawali Kalsel Bio” itulah pupuk yang saat ini diberikan nama oleh syahril.

Kepada wartawan Syahril mengatakan, Uji coba ini saya lakukan sejak tahun 2017 di rumah kontrakan saya desa pantai kecamatan kelumpang selatan kabupaten kotabaru, dan tidak mudah melakukan uji coba hingga mencapai keberhasilan yang sangat luar biasa ini,jelas Syahril

Saya melakukan uji coba pertama kali untuk tanaman cabe dan jagung serta sedikit kolam ikan punya saudara saya, Alhamdulillaaah uji coba berhasil, cabe dan jagung sangat subur dan itu semua murni menggunakan pupuk organik yang saya buat tanpa gunakan pupuk kimia lainnya,serta kolam yang saya uji Cobakan gunakan pupuk buatan saya,saya hanya taburkan satu botol dalam ukuran tambak kecil,dalam waktu sepuluh hari air berubah dari jernih hingga hijau berlumut yang mana itu sangat membantu menyuburkan tanaman ikan,terang syahril.

Pupuk organik yang saya buat ini bertujuan dan bermanfaat untuk memperbaiki kondisi kesuburan tanah. Namun, keberadaan pupuk organik dan kimia tidak perlu dipertentangkan.ujar syahril 17/8/20.

Lanjut syahril, saya sangat bersyukur sedikit demi sedikit petani mulai sadar bahwa penggunaan pupuk organik sangat bagus untuk kesuburan tanah,bahkan biayanya jauh lebih murah dari pada menggunakan pupuk kimia,bahkan lebih praktis dan harga sangat terjangkau, jelas syahril

Dengan berjalannya waktu saya mulai lengkapi dokumen perizinannya dan Alhamdulillaaah October 2019 saya mendapat izin resmi langsung dari kementrian pertanian Republik Indonesia serta uji Lab pun pupuk yang saya buat di akui oleh kementrian pertanian bahwa hasilnya luar biasa.

Suatu kebanggaan yang saya rasakan karena eksperimen pembuatan pupuk cair organik alami bermanfaat memperbaiki kontur tanah yang tidak subur menjadi subur yang saya buat di akui oleh kementrian pertanian Republik Indonesia.ungkap syahril

Saat ini saya membuat pabrik kecil kecilan di tempat kaka saya di desa Indralokajaya kecamatan Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu.

Saya berharap mudah mudahan dengan temuan pupuk cair organik berbahan alami yang saya buat ini bisa membantu membuka lapangan kerja untuk masyarakat kalimantan Selatan, tutupnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain

Advertisements

Tinggalkan Balasan