Pemkab Kotim Paparkan Visi dan Misi RPJPD 2025-2045

Teks foto: Sekretaris Daerah Kotim Fajrurrahman membacakan pidato Bupati Halikinnor terkait RPJPD 2025-2045 saat Rapat Paripurna DPRD Kotim, Senin (8/7). (Foto: Istimewa/Diskominfo Kotim)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) memaparkan visi dan misi
Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045.

Hal itu dipaparkan Bupati Halikinnor dalam pidatonya dibacakan Sekretaris Daerah Fajrurrahman pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotim, Senin (8/7/2024).

Bacaan Lainnya

“Ini kami sampaikan sekaligus penjelasan atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur terhadap rancangan peraturan daerah tentang RJPD Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2025-2045 yang diajukan oleh pihak eksekutif,” kata Fajrurrahman.

Dijelaskannya, sektor UMKM, pertumbuhan ekonomi, kemisikinan, pengangguran, sumber daya alam, sumber daya manusia, perubahan iklim, dan pendirian perguruan tinggi negeri di kota Sampit merupakan bagian misi dalam RPJPD
Kabupaten Kotim tahun 2025-2045, yaitu dalam mewujudkan transformasi sosial, ekonomi dan ekologi.

Penyusunan Raperda ini merupakan tindak lanjut dari amanah Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang tahapan penyusunannya berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah.

Visi RPJPD Kabupaten Kotim tahun 2025-2045, yakni sejahtera, bermartabat, maju dan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan visi RPJPD Provinsi Kalimantan Tengah, yaitu bermartabat, berkah, maju, dan berkelanjutan serta visi Indonesia yaitu berdaulat, maju, dan berkelajutan.

Penjabaran visi RPJPD Kabupaten Kotim 2025-2045, yakni “Kabupaten Kotawaringin Timur ingin mewujudkan Kotawaringin Timur unggul 2045 di segala aspek secara regional dengan filosofi Habaring Hurung Membangun Oewu (gotong royong dalam membangun daerah)”.

Target yang ingin dicapai, yaitu sejahtera melalui penguatan pondasi transformasi kolaborasi peningkatan sarana prasarana untuk pertumbuhan ekonomi, pertanian, industri dan jasa. Program ini dinamakan “Habaring Hurung Miar dan Maju”.

Tujuan lain, yaitu bermartabat melalui pengembangan transformasi, kolaborasi meningkatkan harkat dan martabat daerah dengan pengentasan kemiskinan dan kesenjangan. Program ini dinamakan “Habaring Hurung Manggantang Utus”.

Target berikutnya, yaitu maju melalui ekspansi transformasi pembangunan, kolaborasi peningkatan sumber daya manusia yang berdaya saing, inovatif dan adaptif dalam menghadapi berbagai dinamika perkembangan baik regional, nasional, maupun internasional untuk mencapai kemajuan daerah. Program ini diberi nama “Habaring Hurung Ambet Kasanang”.

Target terakhir, berkelanjutan, yakni perwujudan Kotim unggul di skala regional dalam kerangka Indonesia Emas 2045. Program ini diberi nama “Habaring Hurung Membangun Lewu”.

Pemerintah daerah juga sudah membuat delapan misi rencana pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Kotim tahun 2025-2045.

Delapan misi tersebut, yaitu mewujudkan transformasi sosial untuk membangun sumber daya manusia yang sehat, unggul, berdaya saing dan adaptif, mewujudkan transformasi ekonomi yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Selanjutnya, mewujudkan transformasi tata kelola pemerintahan yang inovatif dan adaptif, menjaga stabilitas ekonomi dan ketertiban umum, mewujudkan ketahanan sosial, budaya dan ekologi, mewujudkan pembangunan kewilayahan yang merata dan berkeadilan.

Selain itu, mewujudkan penyediaan infrastruktur melalui peningkatan kualitas sarana dan prasarana dasar yang ramah lingkungan dan mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk menyamakan visi untuk menyongsong Indonesia Emas 2045, Kalimantan Tengah Tangguh 2045 dan mewujudkan Kotim Unggul 2045 dengan falsafah “Habaring Hurung Dalam Huma Betang” pungkas Fajrurrahman.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait