Pemkab Upayakan Berikan Layanan Terbaik Bagi Jamaah Haji asal HSU

Teks foto: Sekda HSU Adi Lesmana saat menyambut kedatangan jamaah haji asal Kabupaten HSU di Asrama Haji Banjarbaru. (ist)(kalselpos.com)

Amuntai,kalselpos.com – Jamaah Haji Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kloter 10 yang tiba di embarkasi Banjarmasin, disambut jajaran Pemerintah Kabupaten HSU di Asrama Haji Banjarbaru, Sabtu (6/7/2024).

Rombongan yang telah menunaikan ibadah haji tersebut pulang dengan jumlah tetap, yakni 280 jamaah haji asal Kabupaten HSU.

Bacaan Lainnya

Setibanya di Asrama Haji Banjarmasin, rombongan beristirahat dan disuguhi dengan makan siang, soto banjar bersamaan dengan sate.

Tentunya, hal ini menjadi daya tarik jamaah haji sepulang dari Mekkah. Salah satunya Muhammad Husin (21), ia mengaku senang dengan disuguhi makanan khas banjar tersebut. “Alhamdulillah pulang dengan selamat, dan dapat menikmati makanan yang berkuah lagi saat tiba di Banjarbaru,” kata Jamaah haji termuda asal Kabupaten HSU ini, saat ditemui di Amuntai.

Ia juga bercerita, selama menunaikan ibadah haji dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar, semua dalam kondisi sehat. Dari cerita pengalamannya, selama menunaikan ibadah haji yang paling berkesan, saat di Armusna (Arafah, Muzdalifah, Mina).

“Disana paling berkesan saat menjalankan ibadah haji,” ujar Husin yang berangkat bersama ibunya ini.

Terkait penjemputan jamaah haji asal Kabupaten HSU, pihak Pemerintah daerah (Pemda) telah menyiapkan armada Bus sebanyak tujuh buah dan satu mobil hiace untuk jamaah lansia. Penyediaan keberangkatan dan kepulangan telah diakomodir oleh Dinas Perhubungan HSU bersama pengawalan dari Polres HSU.

“Konsumsi selama di Asrama haji juga telah disediakan oleh Pemkab HSU. Jadi rata-rata semua sudah diurus oleh Bagian Kesra,” kata Plt Kabag Kesra, Setda HSU, Adi Ramadani.

“Kami sengaja menyediakan menu soto banjar dengan sate, untuk mengobati kerinduan jamaah terhadap makanan daerah, dan tadi juga hampir ludes atau habis,” lanjutnya.

Jamaah Haji Kabupaten HSU pulang dengan jumlah lengkap, 280 jamaah, dari total 320 orang dari kloter 10 yang bersama bersama jamaah kabupaten lain.

“Memang ada beberapa yang kurang fit, atau drop usai dari turun pesawat, dan sempat di infus di asrama haji. Disebabkan gula darah meningkat, tetapi saat pulang ke Amuntai sudah kondisi normal,” imbuhnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait