Ribuan Warga Kotim Meriahkan Pawai Tahun Baru Islam

Teks foto: Bupati Kotim Halikinnor melepas pawai taaruf memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah di Samuda Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Minggu (7/7/2024). (Foto: Istimewa/Diskominfo Kotim) (kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com
Ribuan warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memeriahkan pawai taaruf memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah. Kali ini pawai tidak digelar di Sampit, tetapi di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Samuda.

Bupati Halikinnor hadir membuka dan memberangkatkan rombongan pawai. Pawai kali ini dijadikan rangkaian pembuka dalam kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-55 Tingkat Kabupaten Kotim yang digelar di Samuda dan dibuka pada Minggu malam.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya peringatan 1 Muharram 1446 h ini, diharapkan supaya kita bisa memperbaiki iman dan akhlak serta ketakwaan kita kepada Allah SWT, agar berguna untuk bangsa dan Negara Kesatuan Republik Kndonesia yang kita cintai,” kata Halikinnor, Minggu (7/7/2024).

Pawai diikuti kafilah 17 kecamatan, organisasi perangkat daerah, pelajar, organisasi kemasyarakatan dan masyarakat umum. Berdasarkan data panitia, sedikitnya 2.500 orang peserta ikut dalam pawai taaruf tersebut.

Masyarakat juga sangat antusias menyaksikan pawai taaruf. Warga berdiri memadati sisi jalan yang dilewati iring-iringan pawai.

Menurut Halikinnor, tidak terasa setahun sudah menjalani kehidupan di tahun 1445 hijriah. Kini memasuki tahun baru 1446 Hijriah yang berarti satu tahun sudah umur bertambah.

Bagi manusia yang mengetahui dan memahami akan tugas dan fungsi hidup, yaitu beraktivitas untuk kemaslahatan umat dan beribadah kepada Allah SWT, maka perlu memikirkan dan membuat neraca perhitungan. Sudah sampai di mana, dan dipakai untuk apa umur pada waktu yang lalu.

“Manfaatkan waktu yang tersisa sebaik-baiknya dengan giat belajar, giat bekerja, giat beribadah serta giat dalam membangun negara dan bangsa. Waktu itu ibarat pedang, jika kita tidak bisa menggunakan pedang itu dengan sebaik-baiknya, tentulah pedang itu akan melukai diri sendiri,” ujar Halikinnor.

Dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama berniat dan membulatkan tekad untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak bermanfaat pada tahun lalu dan tidak diulangi pada tahun ini.

“Mudah-mudahan tahun ini jauh lebih baik dari tahun kemarin dan banyak membawa manfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” pungkas Halikinnor.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait