KPP Pratama Barabai Komitmen Mendukung Reformasi Perpajakan

Teks foto Pj Bupati Tapin M Syarifuddin, Kepala Kantor Wilayah DJP Kalimantan Selatan dan Tengah Syamsinar, S.P, M.comm, Kepala KPP Pratama Barabai, Bekti Widjayanti bersama para penerima penghargaan yang patuh dan taat membayar pajak tepat waktu pada kegiatan Tax Gathering tahun 2024 di Kabupaten Tapin.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Barabai menggelar Tax Gathering 2024 dan Forum Konsultasi Publik Publik dengan menggemakan semangat “Galang Sinergi Songsong Reformasi, Tuk Bangun Negeri” . Rabu (3/6/2024) bertempat Aula Tamasa Kantor Bupati Tapin.
Tax Gathering dan Forum Konsultasi Publik dibuka dan dihadiri Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, Kepala Kantor Wilayah DJP Kalimantan Selatan dan Tengah Syamsinar, S.P, M.comm, Kepala KPP Pratama Barabai, Bekti Widjayanti serta pemangku kepentingan perpajakan di wilayah Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, serta Kepala Pejabat Lingkungan Pemkab Tapin, pengusaha, dan tokoh masyarakat.
Dalam sambutannya, Kepala KPP Pratama Barabai, Bekti Widjajanti, menyampaikan bahwa tema “Galang Sinergi Songsong Reformasi, tuk Bangun Negeri” dipilih untuk menegaskan komitmen KPP Pratama Barabai dalam mendukung reformasi perpajakan dan pembangunan nasional.
“Melalui tax gathering ini, kami ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersinergi dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak,” ujar Bekti.
Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang vital untuk membiayai pembangunan nasional, termasuk di wilayah Hulu Sungai Tengah, Tapin, dan Hulu Sungai Selatan.
Sementara Kepala Kanwil DJP Kalimantan Selatan dan Tengah, Syamsinar menyampaikan tentang Gratifikasi, sanksi pemberi gratifikasi juga menyampaikan bahwa seluruh pelayanan yang dberikan DJP tidak dipungut biaya.
“Selain itu beliau juga mengimbau kepada wajib pajak agar melaporkan melalui saluran pengaduan resmi DJP. Reformasi perpajakan yang sedang dijalankan oleh Direktorat Jenderal Pajak, “ujar Syamsinar “
Untuk diketahui bahwa sistem perpajakan akan menggunakan sistem perpajakan yang baru, namanya CTAS (Core Tax Administration System).
“Sistem ini merupakan hasil dari reformasi perpajakan yang dilakukan oleh DJP yang terdiri dari lima pilar yaitu peningkatan kualitas SDM, perbaikan proses bisnis, pembaruan system informasi dan basis data, serta penyempurnaan regulasi, “katanya.
Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah daerah menyambut baik digelarnya Tax Gathering dan Forum Konsultasi Publik oleh KPP Pratama Barabai, yang mana bertujuan untuk memberikan edukasi dan juga apresiasi kepada para wajib pajak di Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah atas kontribusinya terhadap penerimaan pajak tahun 2023 dan kepatuahn pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Barabai.
“Dengan kegiatan ini tentunya diharapkan dapat memberikan semangat kepada para wajib pajak untuk terus berpertisipasi aktif dalam membangun negara, yakni dengan patuh dan taat membayar pajak serta melaporkan pajak tepat waktu “kata Pj Bupati Tapin.
Pada kesempatan baik ini, saya mengharapkan kembali terjalin kerjasama optimalisasi pemungutan pajak pusat dan pajak daerah dalam rangka pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga dapat terselenggaranya pemerintahan yang efektif dan akuntabel.
Acara Tax Gathering ini diisi berbagai kegiatan, seperti penyerahan penghargaan kepada Wajib Pajak , Talkshow dan Forum Konsultasi Publik yang membahas peran serta pemangku kepentingan dalam meningkatkan kepatuhan pajak serta Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak.
Usai kegiatan Tax Gathering KPP Pratama Barabai juga memberikan penghargaan kepada para wajib pajak dengan 3 (tiga) kategori yang pertama kategori Wajib Pajak Badan dengan Pembayaran Pajak Terbesar Tahun 2023 dan Tepat Waktu dalam Menyampaikan SPT Tahunan Tahun Pajak 2022, kedua Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Pembayaran Pajak Terbesar Tahun 2023 dan Tepat Waktu dalam Menyampaikan SPT Tahunan Tahun Pajak 2022 dan kategori terkahir Wajib Pajak dengan Pembayaran Pajak Terbesar Tahun 2023.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait